Belajar Prgramming

Pekerjaan programmer sekarang ini sangat diminati oleh semua orang setelah terkenalnya berbagai startup besar seperti facebook, google, gojek, tokopedia dan lainya.

Sebelum menjadi seorang programmer tentu kita harus memulainya dengan belajar. Karena tentu kamu tidak akan melewati proses ini begitu saja untuk menjadi programmer yang professional.

Pada kesempatan kali saya sudah merangkum dan akan merekomendasikan situs-situs yang yang wajib sekali untuk kamu yang mau menjadi belajar menjadi seoarang programmer.

Untuk kamu yang ingin belajar membuat website, kamu bisa baca 4 Bahasa pemrograman Untuk Membuat Sebuah Website Untuk Pemula

Apakah belajar pemrograman itu susah mas?

Tergantung. Niat mau belajar sunguh-sunguh atau hanya ingin ikut-ikutan trends biar di anggap sebagai programmer dan tidak ketinggalan jaman.

Jadi inget kata-kata pengisi di acara disalah satu seminar, kurang lebih seperti ini.

Tidak ada manusia yang bodoh, yang ada manusia yang berusaha keras dan manusia yang bermalas-malasan.

~ Anon

Dari situs-situs yang sudah saya rangkum ini ada yang Gratis dan ada juga yang berbayar.

Kamu bisa memiliki lebih banyak referensi untuk belajar. Dan langsung aja ini dia situs gratis untuk belajar pemogramman tingkat pemula.

Daftar Situs Belajar Pemrograman

1. FreeCodeCamp.org

Saya sangat merekomendasikan freeCodeCamp.org ini karena situs ini menawarkan kelasnyas secara gratis. Selain itu metode belajarnya akan sangat mudah dipahami oleh semua kalangan. Yang lebih keren lagi kalo kita sudah menyelesaikan satu bidang kita akan mendapatkan sertifikasi langsung dari freeCodeCamp secara gratis juga. Keren engga tuh. Dan sertifikat tersebut bisa kamu buat melamar pekerjaan juga loh.

2. Code Academy

CodeAcademy juga bisa digunakan untuk belajar pemrograman secara gratis untuk akses materi yang ada di dalamnya. Hanya saja ada beberapa materi yang mengeluarkan uang untuk dapat mengaksesnya. Namun saya rasa basicnya sudah dapet sementara yang berbayar lebih ke arah tingkat lanjutnya. Dan harga yang ditawarkan sangat terjangkau sekali.

3. W3School

Salah satu situs paling favorit dikalangan programmer, menurut saya situs ini bagus banget untuk kamu yang sedang belajar coding, hampir semua materi lengkap disini. Dan kita bisa leluasa melakukan explore didalam situs ini. Kita bisa belajar HTML, CSS, Bootstrap,PHP, Javascript, database dan masih banyak lagi. Pokoknya cocok banget buat kamu yang masih pemula sekali.

4. Code.org

Saya belum pernah mencoba situs ini. Namun banyak dari rekan saya merekomendasikan situs untuk programmer pemula. Selain berbentuk komunitas tentunya didalamnya mereka sangat welcome dengan junior-junironya.

5. SoloLearn

SoloLearn adalah sebuah platform gratis. Semua fiturnya bisa dijalankan di Device Mobile dan juga melalui website sololearn.com. Anda bisa mengaksesnya melalui perangkat Android, iOS. Jadi kamu bisa belajar coding kapanpun dan dimanapun.

6. Udemy

Walupun materi yang ada di situs udemy berbayar namun saya rasa worth it sekali untuk kalian yang sedang belajar. Kalau anda memiliki dana lebih, mungkin bisa membeli materi dari sini dan dapat di akses sepuasnya.

Itu semua rangkuman situs untuk belajar pemogramman untuk pemula jadi buat teman-teman yang sedang atau akan belajar pemogramman. Saya sangat merekomendasikan situs di atas.

Gak bisa bahasa inggris mas saya ? Ada google translate. Jujur saya juga bahasa inggrisnya jelek tapi saya juga masih belajar terus.

Belajar Pemrograman dari situs bahasa Indonesia

Berikut adala situs belajar pemrograman bahasa indonesia yang saya rangkum secara singkat.

SekolahKoding.com

Buat kalian yang pengen belajar bahasa pemogramman tapi terkendala di bahasa sekolahkoding.com menjadi solusi untuk anda. Karena didalamnya materis yang di sampai dalam Bahasa Indonesia.

Lainya? Petani Kode, YukCoding, ONPHPID

Bagaimaan apakah kamu sudah siap untuk menjadi seorang programmer professional dan menciptakan sebuah teknologi baru.

Jikat artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kamu.

ditulis oleh

Noviyanto

Blogger pemula yang berasal dari Semarang