Noviyanto
January 29, 2022

Koneksi 4G Internet By.u Lemot Parah, Ini Yang Saya Lakukan!

Posted on January 29, 2022  •  3 minutes  • 582 words

Jaringan internet byu lemot kejadian ini saya alami secara langsung ketika jaringan internet byu dari telkomsel suka hilang dan saya sudah coba lapor jaringan lemot ini melalui telepon sebanyak 5 kali mungkin lebih.

Seperti biasa Customer Service (CS) akan bekerja sesuai SOP yang ada, dimana kita akan disuruh ganti APN, ganti Jaringan, Restart HP dan lainya.

Yang dimana hal tersebut sebenarnya tidak berpengaruh banyak, bisa saya katakan hanya 5% saja pengaruhnya, sementara lainya adalah faktor langsung jaringan tower atau BTS yang ada didaerah tersebut.

Saya coba sekali lagi menghubungi call center bYu, tapi hasilnya tetap nihil.

Secara logika jaringan Byu menginduk dengan jaringan telkomsel, jadi harusnya jaringan bagus.

Ketika awal keluar kartu byu tidak pernah ada masalah, tapi akhir-akhir ini jaringannya makin kacau saja.

Kenapa jaringan Byu tidak stabil dan lemot

Dari hipotesis saya ini yang bisa saya berikan, mungkin pihak operator byu atau telkomsel dapat membaca langsung dari sini.

Dan apa yang saya sampaikan merupakan beberapa pengalaman yang pernah saya alami.

1. Hardware di tower/BTS bermasalah

Kenapa hardware di tower langsung jadi permasalah utama, karena kejadian internet byu lemot di daerah saya setelah terjadi petir yang saling sambar, kebetulan rumah saya cukup dekat dengan tower dan dari pengalaman saya didaerah saya tower tinggi sering kena petir.

Tapi yang jadi masalah dibeberapa daerah saya masih mengalami hal yang sama yaitu jaringan yang lemot dan kurang stabil, dan bahkan teman-teman saya yang menggunaka byu dan kartu telkomsel mengeluhkan hal yang sama.

2. Settingan APN byu bermasalah

Saya menggunakan APN default dari byu dan kadang ganti APN lain. Saya ganti APN karena ketika saya membuka aplikas byu selalu muncul notifikasi koneksi internet anda terputus, yang padahal saya dapat menggunakan untuk internetan, sehingga saya perlu mengganti APN baru saya dapat membuka aplikasi byu.

Tapi masalah lain saat ini muncul, kadang ada beberapa situs yang tidak dapat dibuka seperti instagram, tokopedia atau situs lainya, saya tidak tahu pasti kenapa hal tersebut terjadi. Jadi saya sampai saat ini masih sering sekali ganti APN internet.

3. Traffic yang tinggi

Saya tidak tahu pasti bagaimana perhitunganya mengenai traffic yang tinggi mempengaruhi jaringan internet, karena beberapa teman dan orang sudah meninggalkan provider telkomsel karena sudah tidak betah dengan koneksi jaringan yang tidak stabil. Harusnya hal ini membuat jaringan saya jadi kencang dan stabil, tapi kenyataanya tidak seperti itu, jaringan masih bermasalah meski sudah ditinggalkan beberapa pelanggannya.

itu 3 kemungkinan yang mungkin mempengaruhi jaringan internet byu lemot, karena saya tidak tahu pasti kenapa jaringan internet tidak stabil sampai berbulan-bulan, bahkan saya pernah membahas internet indosat yang lemot, kasus yang sama. Koneksi jaringan internet lemot dan tidak stabil.

Hal yang saya lakukan ketika internet byu lemot

Pertama saya bersabar sekitar 3 hari dengan internet yang lemot dan tidak stabil, selanjutnya saya hubungi call center operator untuk laporan masalah.

Kemudian 3 hari lagi setelah telepon pertama, ternyata tida kunjung ada perubahan.

Saya lanjutkan telepon ke 3 dan selanjutnya sampai ada kejalasan, cuma saya makin males juga harus laporan terus.

Hingga artikel ini terbit koneksi internet byu sudah sedikit lancar, hanya saja untuk jaringan belum stabil sama sekali, masih sering turun jaringan ke Edge atau H+ yang dimana koneksi tersebut di hp saya tidak dapat berjalan dengna normal dan bahkan tidak dapat dipakai dijaringan meski koneksi ada di H+ atau 4G. Jika kamu mengalami hal yang sama coba langsung telepon call center byu secara langsung. Ulangi berkali hingga koneksi jaringan anda kembali normal meski sedikit.

Dan semoga dengan terbitnya artikel ini ada pihak dari provider yang dapat melakukan evaluasi masalah jaringan mereka.

Terima kasih.

telkomsel internet byu lemot telkomsel lemot
Noviyanto

Web developer from Semarang

Follow me

I work on everything coding and Blogging