Noviyanto
April 10, 2022

Macam Macam Bahasa Pemrograman Komputer dan Penjelasanya

Posted on April 10, 2022  •  10 minutes  • 2062 words

Pemrograman komputer adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program/Aplikasi komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk menjalankan suatu program yang dapat melakukan suatu perintah atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma pemogramman, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Bahasa pemrograman itu sendiri ada banyak jenis atau macamnya, dan setidaknya ada 3 tingkatan bahasa pemrograman yang dikenal komputer. Apa saja itu, dan bagaimana proses perkembangannya dari dulu hingga sekarang ?

1. Bahasa Pemrograman tingkat rendah

Bahasa pemrograman tingkat rendah, merupakan bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa pemrogramana generasi pertama ini merupakan bahasa pemrograman yang sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin, dan hanya dimengerti oleh pembuatnya saja karena programnya berupa kode kode mesin.

Bahasa pemrograman level rendah ini pertama kali muncul atau digunakan mulai sekitar tahun 1945.

Ketika itu untuk membuat dan menjalankan suatu program dibutuhkan waktu yang lama dan itu pun sering dijumpai kesalahan-kesalahan. Program sangat sulit dibaca dan dibaca, sehingga pada saat itu sangat sedikit orang yang tertarik untuk menjadi programmer.

2. Bahasa Pemrograman tingkat tengah

Bahasa pemrograman tingkat menengah, yang merupakan bahasa pemrograman generasi ke dua. Dalam bahasa ini seorang programmer sudah mulai bisa menggunakan bahasa sehari-hari, walaupun masih banyak susah dimengerti juga.

Banyak perintah-perintah yang menggunakan inisial atau singkatan-singkatan seperti “MOV” yang berarti “MOVE” (pindah), “STO” yang berarti (STORE) dan lain-lain. Bahasa pemrograman yang tergolong dalam midle level ini adalah assembler.

3. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Bahasa pemrograman tingkat tinggi, merupakan bahasa pemrograman generasi ke tiga dan selanjutnya. Ciri-cirinya yaitu bahasa pemrograman ini sudah terstruktur dengan baik, mudah dimengerti karena sudah menggunakan bahasa sehari-hari (–bahasa inggris tapi ya–), Bahasa pemrograman inilah bahasa pemrograman yang sekarang ini kita kenal, seperti C, C++, JAVA, PHP, Visual Basic, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Python, XML dan lain-lain sebagainya. Sudah begitu beragam dan bermacam-macam jenis sesuai karakter struktur dan kegunaannya.

Kemudian apa saja macam-macam bahasa pemogramman yang ada saat ini, dan berikut daftarnya.

1. Bahasa Pemrograman JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk smartphone. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Java sangat powerfull karena banyak perusahaan besar masih menggunakan java sebagai bahasa pemogramman mereka, karena JAVA di anggap lebih cepat. Namun banyak programmer yang tidak menyukai bahasa pemogramman ini juga.

Contoh aplikasi Java

Kelebihan dan kekurangan bahasa Pemrograman JAVA

Kelebihan :

Kekurangan :

2. Bahasa Pemrograman PYTHON

bahasa pemrograman tinggi yang dapat melakukan eksekusi sejumlah intruksi multiguna secara langsung (interpretatif) dengan metode orientasi objek (Object Oriented Programming) serta menggunakan semantik dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax. Sebagai bahasa pemrograman tinggi, python dapat dipelajari dengan mudah karena sudah dilengkapi dengan manajemen memori otomatis (pointer).

Contoh Aplikasi Python

Kelebihan dan kekurangan bahasa Pemrograman Python

Kelebihan

Kekurangan :

3. Bahasa Pemrograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum (wikipedia). PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net.

PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client). Contoh Aplikasi PHP

Kelebihan dan Kekurangan bahasa Pemrograman PHP

Kelebihan :

Kekurangan :

4. Bahasa Pemrograman C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an Contoh Aplikasi C++

Kelebihan dan kekurangan Bahasa Pemrograman C++

Kelebihan :

Kekurangan :

  1. Bahasa Pemrograman Pascal

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Prancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Contoh Aplikasi Pascal

Kelebihan dan kekurangan bahasa Pemrograman Pascal

Kelebihan :

Kekurangan :

6. Bahasa Pemrograman Ruby

Ruby adalah bahasa pemrogaman scripting yang berorientasi objek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrogaman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Phyton.

Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Penulisan Ruby dimulai pada February 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro meulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengkotribusikan Ruby.

Contoh Aplikasi Ruby

Kelebihan dan kekurangan bahasa Pemrograman Ruby

Kelebihan:

Kekurangan :

Disini tidak semua bahas Pemrograman saya masukan karena sangat banyak sekali dan bahasa di atas sudah mewakili seluruh bahasa yang lainya.

coding pemrograman
Noviyanto

Web developer from Semarang

Follow me

I work on everything coding and Blogging