Indosat 4G Lemot, Baca sampai Habis!

Indosat 4G Lemot, Baca sampai Habis!

Penyebab Internet Indosat Lemot – berikut adalah ulasan dan solusi dari saya mengenai kenapa kualitas layanan dan jaringan indosat buruk hari ini.

Kartu indosat yang banyak menerima komplain adalah kartu im3 ooredoo. Paket kuota yang banyak menjadi laporan indosat lemot adalah freedom combo, paket only 4u dan paket unlimited.


Kenapa Jaringan Indosat Jelek

Ada banyak faktor penyebab sebuah jaringan internet jadi lemot.

Pertama HP kamu belum 4G. Jaringa 3G dan 4G memiliki kualitas kecepatan yang sangat berbeda sekali. Jadi saya sarankan gunakan HP yang sudah 4G.

Kedua, bisa jadi dari sisi penyedia layanan didaerah tersebut tidak bagus. Pengguna terlalu banyak membuat tower BTS mengalaman overload.

Ketiga, bisa jadi hardware penangkap sinyal HP kamu lemah, ini juga akan berpengaruh. Tapi sangat kecil sekali kejadian ini terjadi.

Keempat, mungkin memang penyedia layanan memiliki kualitas layanan yang buruk sejak lama. Dan tidak ada perbaiki hingga saat ini.

Pengalaman kartu IM3 Lemot

Melalui tulisan ingin saya sampaikan keluhan kepada Indosat Ooredoo mengenai masalah paket internet freedom combo yang lemot.

Koneksi internet 3G/4G indosat lemot bikin capek dan Kecewa ketika mengetahui kalo paket freedom combo sekarang memiliki batasan pemakain wajar seperti unlimited. Entah apa yang di pikirkan oleh management dari Indosat, untuk apa di adakanya freedom combo kalau sistemnya sama dengan paket unlimited.

Saya paham paket unlimited jika sudah melewati batas pemakai wajar akan mengalami penurunan speed.

Tapi tidak tau kenapa kenapa sistem unlimited ini diterapkan di paket yang tidak unlimited alias memiliki kuota internet. Kenapa ? Harus ada pembatasan untuk pengguna kuota. Saya beli mahal paket freedom XXL seharga Rp.200.000,- kenapa saya beli paket itu, seberanya untuk menghindari pembatasan seperti paket unlimited.

Paket Indosat Yang Lemot

Baca juga : Pulsa Indosat tiba-tiba terpotong dan ikut langganan otomatis!

Sebelumnya saya langganan ini paket tidak pernah ada pembatasan pemakain tiap harinya. Namun bulan November 2018 ini saya merasa KECEWA sekali dengan Indosat, ternyata freedom combo sekarang menerapkan pembatasan pemakaian normal seperti paket unlimited.

Prioritas saya membeli paket freedom combo XXL ataupun Freedom internet adalah untuk menghindai pembatasan kecepatan. Karena pekerjaan saya tergantung internet yang cepat.

GILA Kecepatan turun sampai 30kb/s

Indosat 4G Lemot, Baca sampai Habis! 1
Gambar donwload berupa kb/s

Sepertinya operator Indosat hanya memakan gaji buta, setiap laporan yang di laporkan seperti tidak adan tidak lanjut baik melalui 185, twitter ataupun email. Dan saya baca di beberapa artikel dan forum banyak sekali yang mengalami hal yang sama internet lemot di batasi, jaringan yang “busuk” .

Ketika saya menelpon 185 pun terasa sulit, karena tiba-tiba telepon di putus . Akhirnya saya akali dengan cara menekan 22222 atau 21111 setelah ada nada operator sistem bicara baru bisa tersambung.  

NB : UPDATE Tulisan warna merah di atas sistem sudah berubah dan disesuaikan sekarang lebih mudah. Tapi tetap tidak merubah kualitas layanan dan jaringan.

Kemudian saya menanyakan perihal kenapa internet lemot operator menjawab karena saya sudah menggunakan pemakaian dari batas normal dan ketika saya tanya berapa batasa pemakainya mereka bilang itu adalah rahasia intern, what ? Saya customer loh masak tidak boleh tau batas pemakaianya . Saya ingin mengeluarkan kata-kata mutiara tapi tak sampai. Lalu apa bedanya dengan paket unlimited kalau begini.

Saya sangat menghargai apa yang menjadi peraturan Indosat namun sangat di sayangkan atau tidak dipikirkan kecepatan internet diturunkan hingga 30kb/s . Dengan pekerjaan saya yang membutuhkan internet cepat, 30kb/s adalah kecepatan di jaman Edge . Seakan Indosat membatasi dan melempar pengguna ke jaman “BATU” . Ini tidak adil sama sekali mungkin kesalahan sistem ,saya rasa ingin memberikan masukan jika saja pembatasan di turunkan 300kb/s atau lebih tinggi bukan 30kb/s. 300kb/s Lebih adalah yang wajar standard untuk kegiatan browsing dan bermain game.

Baca juga : Pulsa Indosat tiba-tiba terpotong dan ikut langganan otomatis!

Pengaturan APN Tidak akan merubah apapun!

Percayalah Pengaturan APN keberbagai macam tidak akan merubah kecepatan internet kamu.

Saya sudah membuktikanya mau pakai settingan APN yang di share berbagai blog tidak akan mempengaruhi kecepatan internet Indosat.

Yang harus di atur adalah jaringan yang di miliki indosat.

Saya baca beberapa komentar yang ada di artikel ini memang management dari indosat perlu di rombak untuk meningkatkan kualitas pelayananya.

Yang menjadi korban saat ini adalah pelanggan, apalagi untuk mereka yang ingin ganti nomer telepon tapi kenyataanya nomer yang di pakai adalah nomer utama dan penting.

Cara Mengatasi Jaringan Indosat Yang Super Lemot

Sudah setting APN beda-beda masih tetap lemot.

Melakukan laporan ke CS tapi mulai berhari-hari sampai berbulan-bulan juga tidak kunjungi teratasi.

Saya memiliki cara paling ampuh untuk menyelesaikan masalah jaringan indosat yang super lambat ini.

Anda hanya perlu membuat kartu baru milik telkomsel yang sangat saya rekomendasikan yaitu kartu by.U. Harga yang ditawarkan murah bukan main jaringan ala telkomsel. Anda bisa mendapatkan kartu ini dengan mudah.

Silahkan kunjungi tutorial dan informasi yang sudah saya buat di sini >> Tutorial Kartu Daftar Kartu by.U

Update indosat 4G lemot 

UPDATE 1 : Operator memberikan solusi akan mengoptimalkan jaringan kemudian saya mendapatkan SMS yang intinya bahwa jaringan saya telah di optimal dan saya di suruh restart HP . Operator selalu memberikan jawaban yang sama kepada saya yaitu pengotimalan jaringan. Yang nyatanya tidak mempengaruhi kecepatan padaha selama 3 hari berturut-turut saya menyampaikan laporan yang sama.

UPDATE 2 : Internet masih lemot walau sudah di reset batas normal pemakainya. Operator  bilang jam 00.01 Akan ada reset pemakaian kuota tapi nyatanya kecepatan dibawah 30KB/s di jaringan 4G LTE Indosat . Dan jawaban masih sama ( UPDATE 1 ).

UPDATE 3 : 12 Mei 2019 , masih lemot dari anggal 5 Mei 2019 atau awal hari puasa.

Update Terakhir 4 : Misal masih lemot selama berbulan-bulan dan tidak ada perbuahan setelah pelaporan. Solusi saya cuma stau yaitu Tambah nomer, kalo misal nomer indosat sudah primary isi pulsa aja biar tidak hangus. Tidak berlaku untuk handphone single SIM.


Saya membuat eksperimen apakah settingan APN dapat mempercepat koneksi internet


PERHATIAN : Mohon bantuan teman-teman, jika jaringan indosat anda lemot tak kunjung teratasi dan lemot selama bermingu-minggu sampai berbulan-bulan, mohon bantu laporkan Indosat ooredoo ke BRTI ( Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ) bisa via Twitter di : https://twitter.com/aduanbrti. Ini agar kualitas layanan si kuning bisa lebih baik lagi.

Komentar Pilihan

Dari : Ibink Malaca

“Dalam 6 bulan terakhir, saya sudah 3 kali complaint langsung ke Galery Indosat yang berada di salah satu Mall di bilangan Tangerang Selatan.

1. Laporan Pertama : Saya disarankan untuk menambah APN Setting di HP dengan dibantu oleh mbak CS di galery tersebut. Setelah sampai rumah ternyata kondisi kecepatan internet tidak berubah.

2. Laporan Kedua : Saya disarankan mengganti kartu SIM Nano di HP saya dengan SIM fisik yang baru namun dengan nomor yang sama. Setelah diganti SIM card disarankan agar mematikan/reset HP setelah satu jam. Ketika sudah sampai di rumah dan saya lakukan sarannya ternyata tidak ada perubahan juga.

3. Laporan Ketiga : Laporan ketiga ini baru saya lakukan sekitar 1 bulan yang lalu. Saya lakukan complaint keras agar dipertemukan dengan pengelola jaringan ISAT (team Operation BTS) yang berada di galery tersebut. Mbak CS bilang di galery hanya ada Costumer Service untuk para pelanggan saja. Akhirnya saya diharuskan mengisi formulir pernyataan keluhan pelanggan yang katanya akan diteruskan ke divisi pengelola jaringan dengan melampirkan KTP saya. Mbak CS bilang agar pemakaian internet nya terus dipantau agar terlihat perubahan kecepatan Internetnya.

Satu minggu, dua minggu sampai sebulan terakhir saya amati ternyata sama sekali tidak ada perubahan. Dan saya sempat bertanya ke tetangga di rumah, ternyata memang tidak ada seorangpun yang menggunakan kartu Indosat karena di lingkungan rumah saya sinyalnya sangat buruk. Saya berfikir; rumah saya jaraknya hanya 19 KM saja dari Kantor Pusat Indosat di Monas. Apalagi teman-teman yang berdomisili di luar daerah maupun diluar pulau Jawa?
Apalah daya karena saya sudah 18 tahun memakai nomor ini dari awal petama kali M3 launching di awal tahun 2001.

Terima kasih mas Novi atas ruang yang disediakan untuk tumpahan keluh kesah saya,-“

Nah itu dia salah satu komentar yang saya pilih yang saya masukan kedalam artikel ini.

Jika anda merasakan apa yang saya rasakan silahkan share artikel ini.

Jangan lupa solusi untuk internet indosat yang lemot sudah saya cantumkan semoga bermanfaat. Sekian terima kasih.

Update 23 september 2020.

Noviyanto

Blogger pemula yang berasal dari Semarang

This Post Has 304 Comments

  1. Angga Joe

    Kurang ajar emang indosat om.. pokoknya sehabis dapat pesan sms dr indosat, sinyal 4G n 3G hilang.. Selanjutnya ga bisa internetan sm sekali 1-2 hari.
    #im3 #indosat #ooredo

    1. Noviyanto

      iya bro emang Indosat bobrok sekali, bisa saya bilang terburuk dari semua jaringanya yang ada, padahal termasuk pemain lama.

      1. Indosat anjing

        Kalo mengeluarkan kata2 mutiara di komentar postingan ig official indosat ga bakal apa2 gan? Udah beberapa hari saya selalu ingin berkomentar indah tp takut juga, akhirnya ga jadi wkwk

        1. Raxzan

          Iya Indosat Anja kontol besar soalnya lemot dapet 1kb aja kagak

    2. Temon

      Kok sama kyak nasibku????????????

      1. Earp

        Gila sih ini, cuma bikin emosi, tiap isi pulsa kalo nggak dipaketin hilang dengan sendirinya.
        Kenapa saya isi pulsa ?cuma untuk perpanjang maa aktif, karena nomor im3 saya ini terkait dengan layanan lain seperti WA, sms banking dsb. Kalau tau akhirnya jadi begini, dulu nggak pakai im3 buat nomer utama.
        Padahal dulu ya bagus bagus aja, berguna.
        Tapi sekarang lebih pas disebut rampok digital.
        Apalagi kalo sampai dipakai untuk keperluan koneksi internet. Semua menjadi kacau, waktumu terbuang sia sia.

    3. arul

      indosat mah emang bobrok yah.. 4G plus apanya.. plus istigfar karna harus sabar mungkin yah. ah sudahlah sejak bbrp bulan inipun saya sudah TIDAK lagi menggunakan layanan mereka .. saatnya beralih, biarkan mereka berevaluasai secara massive !!!.
      Indosat.. indosat.. hah

      1. Bov

        Mau bangkrut kali indosat

      2. Juna

        W juga bener bener ngerasain hal yg sama bro ..dua bulan akhir2 ini makin keterlaluan kecepatan jaringan hampir kaga jalan titik terendah 0.37 kb/S sampai 2.00 kb/S..ngapain harus ada pembatasan yah…Kalo urusan Kouta cepat habis ..itu mah urusan pelanggan..w masih bisa beli qouta jadi tolong jangan dibatasi untuk signal kecepatan jaringannya..terima kasih

      3. arif widianto

        Ngetes pake indosat kata nya murah. Pas di test lagsung nyesel. Murah. Tapi kualitas ya juga murahan. 4g paket masih utuh speed kaya pake edge. Haduch. .2019 masih edge. Indosat kapok gue pake lo. Ganti plat merah aja. Mahal asal berkualitas

      4. sijon

        indosat emang bobrok, paling bagus ganti kartu aja

    4. Moonlee

      Indosat penipu,iklan doank bagusnya,paket unlimited nya emank do turunin 30kb/s,trus ambil paket yg quota sama lemod nya masa nonton youtube 360 aja nge lag.parah nya telp ke CS nya jawaban nya sama kyk gt.signal 4g nya kyk eek!nih daerah sya dket dgn roxy mas pusat HP jakarta aja signal 4g cuma 1 bar.

      1. Ian

        Biasanya kualitas 240 lancar2 aja meski udah mlebihi batas pemakaian wajar,
        Sekarang 140 aja buffer terus.
        Biasanya speed pling lambat 46kbps kalau udah mlebihi batas pemakaian. Ini 20kbps pun susah.

      2. Inoviyanti

        Selalu pakai unlimited
        7gb,namunn beberapa bulan ini kecewa karena lemot . Padahal Kouta kadang masih banyak dan 2 Minggu cuman lancar untuk kedepannya pasti lemot ????

        1. Setiowati

          Sudah setahun pakai unlimited 30 hari, bulan ini cuma bisa dipakai 2 minggu. Kata CS sudah melebihi FUP 40Gb. Hellowww… unlimited is unlimited. Padahal di MyIM3 baru 28Gb, sementara pemakaian bulan lalu sampai 79Gb. Baik2 saja. Kenapa bulan jadi ngeselin banget?
          Minta ganti kartu, sama gallery indosat ambasador harus pindah pasca bayar 3 bln baru bisa ganti ?.
          Nyaris dipecat gara2 gak bisa ditelpon, baik pakai pulsa apalagi pakai WA.

          Makasih ya, boleh ikutan muntab.

          1. Noviyanto

            Setau saya unlimited tidak benar-benar unlimited alias ada FUPnya, tapi disini tentu alasanya adalah kecepatan internet yang super lemot sekali. Dan sistem yang ada sangat membingungkan pelanggan.

          2. Yazid

            April 2020
            -indosat makin semakin parah, mau fup/enggak fup semua sama aja kecepatannya gk bisa nyampe 100kbps pas jam 6 pagi – 12 malem

            Udh beli paket 50gb percuma gk guna, Klo. Ada yg buat petisi pliss share

        2. SM

          Iyadong sama saya juga,
          udah setahun ini pake indosat unlimited aman2 aja.
          Tapi tiba-tiba udah 3harian ini 4G full tapi no koneksi dong huaa :(( mana butuh searching2 buat skripsian.
          Bisa tp diturunkan ke H+, itupun sinyalnya ilang muncul selama bbrp menit. Sedihhhhhh
          Kenapa sih tu indosat :((

          1. Noviyanto

            Indosat mengajarkan kita untuk bersabar ini ujian,

        3. Cici

          Iya bener ka mana harga nya naik lagi

          1. Noviyanto

            paket yellow saja dari 1000 jadi 3500 naik 200% lebih.

    5. Konstan

      Kapan bagusnya sinyal Indosat hampir tiap hari selalu lemot

    6. Indosat Tai

      Emang parah si kuning ini, udah nyolongin pulsa GK bilang2, internet speed busuk parah. Klo punya kuasa, udah gw bakar tuh Indosat.
      Triknya gampang aja. Isi pulsa aja seminimal mungkin buat aktifin kartunya aja trus pulsanya paketin buat nelpon all operator biar GK di colong tuh pulsa. Gelap mata liat sisa pulsa di hp pastindi colong sama INDOSAT.

      Sisanya ya untuk internet beralih ke si merah aja, GK akan ada keluhan soal kecepatan internet klo si merah mah.

    7. Bpurba

      Emang gak beres jaringan indosat. Nyessssal pakai kartu ini! Lagi penting tiba2 lemot….asuuu….Ayo rame2 ganti kartu lain biar mampus indosat

      1. Satria Baja Hitam

        Betul

        1. Ochep

          Saya pake paket yg langsung potong dari pulsa, biasanya pilih yg 9GB…pas 2 hari lalu aktifin koq jadi yg ke paket 2,5GB, ternyata saya terkecoh…setelah pilih paket yg 9GB..malah di alihkan ke yg 2,5GB…ga sempat baca dgn teliti, main ‘ok’ aja… jadilah paket yg 2,5 …eh koq jadi lemot parah…udah di restart masih tdk ada perubahan, sampe coba mau daftar lg ke yg 9GB… ternyata tdk bisa..dan kembali di alihkan ke yg 2,5GB…ngapain ttp di cantumkan paket yg 9GB kl sdh tdk bs di beli…mgkn harus pindah ke lain operator..🙄

          1. Noviyanto

            Pakai operator lain bisa gan

      2. GALANK

        SETUJU

      3. Indoshitt

        Ayok ganti kartu

    8. Febri

      Dikelurahan penjaringan jakut, tercatat semenjak 10 juli s.d kualitas internetnya sangat payah, saya sadar pakai unlimited dan kecepatan akan turun ketika melebihi batas, la ini kuota masih utuh juga 30gb donwnload cuman 25kbps, , gx stabil, gx bisa game online buka fb aja macet. Sinyal penuh 4g tapi berasa edge

    9. Zerotwo

      Haha akhirnya menemukan forum korban indosat. Kalau di daerahku jaringan si merah bisa 4G tanpa basa basi sudah beralih k di merah. Namun hanya si kuning yang 4G.
      Udah jadi prof apn gara gara si kuning, rombak sana rombak sini berharap ad harapan agar stabil (sekali lagi hanya harapan), sampe punya cucu gak akan berubah.

    10. Pemgguna indosat

      Indosat memang sangat buruk saya +- berjarak 2/3 km dri kantor c.s indosat dri tower indosat pling-+ 1km an tp kcpatan internet nya g stabil cenderung ilang2. G lbih dri 0,50k/d buat buka w.a saja susah.
      Plyanan sngat ribet bnyak promo tpi, tau 2 abiz pulsanya g ada keterngan dr pihak indosat hnya maap2 g ada perbaikan.. sangat d sayangkan.. INDOSAT JEMB*T SINGO

    11. Yudi

      Wah indosat bikin pusing pernah beli paket indosat pasca bayar masa hampir tiap bulan ke kantornya indosat tiap bulan ane bayar tapi di tagihanya mesti nunggak kemarin jengkel nunggak sampe 1.350.000 padahal tiap bulan rutin bayar malahan belum jatuh tempo hadeehhh

    12. Prami

      Iyaa Indosat Kurang ajar skarang.paket unlimited knapa dibatasi, dulu gakpernah. Paket saya masih 6gb udah gabisa dipakai karna batas pemakaian. Saya TAMBAH KASI 7GB lagi dia BARU MAU. Kita dibuat supaya terus isi dan isi meskipun 9aket masih banyak. Emang Sialan. Tus trakhir oaket saya maaih 7gb karna lemot saya tambah 1gb, eh malah ilang paket saya semuanya, gak diakumulasikan ternyata klo nmbah cuma 1gb, sekalai lagi Brengsek. Dan hari ini paketan sata masih 4gb SAMA sekali gabisa dipakek buka medsos. Saya doakan Semua berhenti pakai Indosat!. Sialan.

    13. Indosat provider terburuk

      Saya pernah kehilangan sinyal jadi x gara2 beri saran tidak puas dan komplain di *185#
      Indosat aneh banget sinyal full 4G tapi kualitas nya bagai H+ yg punya sinyal 2 batang, gak ngerti gua, tapi gua ngerasa ini seperti permainan indosat, karena setiap baru beli paket, pasti kenceng, klo kuota udah dkit lemot seperti mengalami penurunan sinyal, saya sudah nyoba paket itu ini dan semua nya sama yg terjadi

  2. Zyan

    Coba lapor ke média konsumen bro.. Biar ditanggepi

    1. Noviyanto

      Udah capek gan, soalnya saya orang tidak berpengaruh pasti tidak akan menjadi proiritas

      1. Moonlee

        Bikin youtube aja bro,biar viral hahaha

        1. Noviyanto

          Gak perlu bikin youtube. setiap Indosat bikin video iklan mereka pasti dislikenya lebih banyak, kita sudah tau bagaimana pelayananya. Kalau saja ada sistem rating operator pasti kita akan tau bagaimana rating jaringan milik indosat.

        2. Ali khoironi

          Sepakat nih, biar viral. Kalau bisa di hilangkan aja sekalian indosat ga ada guna.

    2. Bpurba

      Emang gak beres jaringan indosat. Nyessssal pakai kartu ini! Lagi penting tiba2 lemot….asuuu….Ayo rame2 ganti kartu lain biar mampus indosat

      1. B.Ariefin

        Ane setuju tuh kalau bisa seluruh Indonesia jangan pake Indosat

    3. Febri

      Lapor ya cuman berasa di php in doang gx ngaruh, malah cuman pelapor yg disaranin beli paket ini itu, , berasa ingin berkata kasar..

  3. oedin

    Bulan April 2019 Indosat parah, lemot, download dibawah 100 kbps, memang kalau tengah malam cepat sih, tapi kita kan buka kelelawar.
    Paket Unlimited 7 GB, batas wajar 12 GB, bila batas wajar terlampaui tapi quota utama masih banyak, kecepatan tetap akan diturunkan, terus apa beda batas wajar dan quota utama?, saya rasa ndak fair …

    1. Noviyanto

      Udah lama mas , Saya juga sangat jengkel, Entah apa yang ada di pikiran Indosat.

      saya juga tidak habis pikir, saya membeli paket kuota yang notabenya bukan paket unlimited tapi di kasih FUP, kan konyol mana kecepatan cuma 30kb/s ( Hasil speedtest ) setelah batas pemakaian wajar rata-rata. Kalo diturunkan ke 300Kb/s ,, masih OK ini 30kb/s . padahal jaringan 4G ,

      Kenapa paket kuota juga kena FUP , saya tanya apa bedanya dengan paket unlimited ternyata sama saja cuma beda kata-kata,, saya tanya berapa batasnya mereka tidak kasih tau, katanya itu rahasia internal. Kan konyol saya customer terasa di hina.

      Saya sudah lapor via email, twitter maupun CS tetap mereka hanya bilang “IYA dan IYA” tapi di lapangan NIHIL .

    2. Raman

      Yap bener banget.indosat makin ampas rasanya.sekarang buat buka pubgm pun lemot bgt,udah gitu pas kemaren gua isi pulsa 100k tb tb ada SMS yg bilang gua udh make internet 10rebu.WTF tai banget dah

    3. udin petot

      Iya benar ada kuota utama tidak ngaruh kecepatan, hanya cepat pagi hari dan diatas jam 12 malam, buat yg ronda, seakan tidak punya kuota utama walau puluhan giga, apa beda dengan yg 1 giga unlimited, kesimpulan 5,10,20,30 gb =1 gb unlimited

  4. Rahasia

    Gw klo bukan nomer udah lama gw ganti nomer keprovider lain.. Busuk sinyal indosat.

    1. Noviyanto

      Nah itu gan masalahnya nomernya sudah terlanjut menjadi primary

      1. Sabela

        Saya baru aja ganti kartu 4g lah mosok walaupun udah ganti kartu masih aja ada sms dari INDOSAT harus ganti kartu kan aneh to

    2. agung R

      sama gan
      cuma sekarang saya akalin tiap bulan beli pulsanya cuma 5 ribu entar low udah numpuk pulsanya buat beli masa aktif gitu aja. yg penting nomor tetep aktif.

    3. Setya

      Apa cuma gua yang pandai
      Menggunakan kartu Indosat
      Hingga kecepatannya mencapai 11mbps padahal kartu unlimited

      1. Muhammad ikrom

        1 Agustus masih super lemot,,
        Kalo aja ini nomor nggk kepakai di m-banking, paypal, semua akun sosial, dan contact person pekerjaan.
        Udah saya buang di closet ini kartu
        .
        Bukannya ngejelekin, tapi Indosat emang bikin Indonesia Sesat. Fakta

        Kalo berani buktikan bro, jgn jadi aliansi, klo nggk mau dibilang aliansi atau bayang2 Indosat. Buktikan cukk..

        1. Noviyanto

          Alasan saya kenapa masih pakai Indosat nomer udah jadi primary dipakai diberbagai aplikasi, sekarang Ya cuma isi pulsa aja buat perpanjang. Kalo sekarang internet ganti pakai provider sebelah

          1. Ferdy

            Masalahnya saya pake iphone single sim, gak bisa dua kartu, bingung juga mana ini nomor udah ngelink ke ibanking, OVO, Grab, Gojek, E-commerce, Contact Customer, Vendor dll. Pusing laaaa mau pake 2 hp males ribetnya. Nyesel rasanya pake indosat.

          2. Noviyanto

            Nah itu sulitnya kalau sudah dipakai diberbagai platform, sebaiknya nomernya tetap isi pulsa, solusi ganti HP dual sim atau bisa paka 2 HP sih satu-satunya solusi

  5. Hanif

    Anjing emang indosat, kecepatan internet unlimited bahkan diturunkan sampai dibawah 1 kbps

    1. Noviyanto

      Kalo unlimited wajar bang ada FUP dan akan di batasi tapi yg saya gari bawah’i kecepatanya jadi konyol, hla ini punya saya bukan unlimited tapi ada FUP harian, kan konyol . Padahal pemakaian saya tiap hari itu diatas 2GB. Niatnya sih beli yg gak unlimited buat menghindari FUP ehh, malah kena FUP.

      1. Linus

        ane paket kuota juga gan bisa kena segitu, tapi namanya juga paket freedom, paket bebas, paket seenaknya makanya indosat juga jadi bebas seenaknya

        1. (88)RAYA

          Iya cuk ane juga fup kamfret emang

        2. Ridho

          Sama gua juga gitu bang, ah sempak lah ini indosat. Nyesel ane beli

          1. Indosatkanfret

            Gw juga bang kamfret emang ni kuning.

  6. Ganjar

    Pekerjaan menuntut saya untuk berpindah tempat ksana kemari, nah.. sering bahkan hampir di semua tempat saya kerja atau stay, itu sinyal internet bobrok sekali. Awalnya saya kira hp saya yg ada masalah. Tapi stelah konsul sama pihak produsen hape, gak ada masalah. Saya lari ke provider kartu (indosat) dapet jawabannya sama yang agan2 alamin. Menurut agan2 baiknya seperti apa ya ? Buat kita2 yg udah terlanjur jadiin nomor indosat ini nomor primary ? Gak mungkin dong tiba2 ganti nomor.

    1. Noviyanto

      Betul bpk. untuk nomer primary kalau memiliki banyak kontak penting lebih baik di pertahanan bpk. Tapi saat ini bisa menggunakan WhatsApp sebagai management kontak dan juga email utama sebagai solusi untuk mempertahanakan kontak dengan rekan kerja ataupun keluarga.

      1. Brian

        INDOSAT MAU BANGKRUT..
        DIA UDAH RESMI NGEJUAL 3000 LBIH TOWER BTS nya… Jadi mendingan ganti kartu.

        1. Muhammad ikrom

          Kemungkinan:
          *gara2 aplikasi Im3 jarang yg make/aktif, karena operator sering kirim sms buka aplikasi dgn iming2 bonus. Padahal orang2 jarang tuh make aplikasinya.
          *kan dibilang kartu murah, kebanyakan temen2 saya lebih milih beli kartu paketan dari pada isi pulsa dan isi paketan lagi. Karena harga lebih murah dan isinya lumayan
          *terlalu banyak event/promo mungkin di aplikasinya. Sedangkan yg Download nggak seberapa dan yg make dikit
          *vouchernya kemahalan mungkin jadi kurang laku. Masak iya voucher 1GB30rb/2G45rb/7GB85rb. Terlalu over kejar omset

          Itu kemungkinan aja sih bwt sikuning ambang2

    2. Satria gagah

      Kita boikot Indosat rame”

  7. Lily

    Ini saya alami juga..download lagu yg cuma 4,6 mb aja bisa ampe sejam pake indosat..
    Complain berkali2 jawabannya sama kaya di artikel ini.. :v
    Lebih baik buang kartunya jauh2,ganti provider laen.
    #indosattaek

    1. Noviyanto

      Dulu tidak begitu terasa masalah ini, tapi makin kesini makin parah.
      Bukan hal mudah untuk langsung ganti provider, soalnya kartu sudah menjadi primary.
      Banyak kejanggalan di provider Indosat ini

  8. Roni nurmualim

    Ane nyesel baru beli paket yg 40 gb ,16gb lokal + bonus 16gb, dan 8gb 01.00-06.00, seharga 100rb kecepatan cuma 12kbps buka youtube gak ada gambarnya ???????????? cuma judulnya aja… Sebelum bulan april ni di tempat ane jaringan indosat lancar jaya pake im3 bisa tmbus 2Mbps,pas bulan2 april ini indosat ancur jaringan,

    1. ANNA Pudyo

      Di daerah kami uda 5hr ini. Hanya bisa WA…. Medsos yg lain mampus dahhhh. Hanya Muter2 aja gk ada gambarnya…. Hari ini aq putuskan ganti provider yg lain walaupun masa berlaku unlimited msi sampe tgl 23

      1. freak noizes

        Di Klaten dah 6 hari lemot banget wa aja pending 4 jam, bandwidth rata2: 0,02kbps. Dah telpon call center beberapa kali, ga ada perubahan.wa pending 4 jam, FB ane ga bisa dah 6 hari padahal pascabayar paket freedom

  9. Rahman

    Sama ane juga, udahlah g usah di pake Indosat busuk

    1. Noviyanto

      Nomer sudah primary gan, butuh proses untuk berpindah

  10. Hardiyana

    Sama saya juga masalahnya seperti itu. saran saya ganti jaringan seluler- mode jaringan jadi hanya 3G. kec saya paling lambat 50kb/sec paling cepet 500 kb/sec. kalo mode 4G nya lagi lelet banget

    1. Noviyanto

      Kalo saya lemot semua gan apakalagi dari awal puasa internet langsung drop parah, sampai sekarang 11 Mei 2019 masih lemot banget. Padahal udah laporan berharap jaringan bisa di perbaiki dengan baik, tapi nyatanya sama saja.

      1. Jatmiko

        Sekarang mau tlp Cs 185 atau dengan 222 sudah tidak bisa, langsung putus… Kayaknya sejak Dirutnya Joy Permadi tanpa alasan jelas tiba-tiba resign, kualitas jaringan langsung drop… Memang benar ada yang janggal dengan manajemen nya… Tapi seperti biasa customer tidak ada harganya…

  11. budi

    ceo indosat sering ganti, ada masalah di manajemennya. sewa menara bts nya pasti problem jadi pengaruh ke jaringan yg drop. indosat rugi tapi XL juga rugi. jaringan 3g XL masih ok tapi indosat malah kacau, disuruh ganti sim card ke 4g plus tapi bulan mei ini benar2 drop signal 4g, wa aja terkirimnya bisa sampai 30 menit. semoga 3 (tri) mau akuisisi indosat segera.

    1. Noviyanto

      Semoga saja gan, sudah muak dengan management yg sekarang, apalagi beberapa waktu lalu ketemu CS yang judes mau bikin laporan malah tambah emosi. Semoga segara di ambil alih oleh manegement yang baik.

  12. munah

    Nyesel udah pake indosat. lemotnya parah banget padahal beli freedom combo. Kecewa banget

    1. Noviyanto

      Iya bro emang parah sih, udah jadi primary number, mau gantipun report sekali, kasihan kontak penting yang sudah save nomer indosat saya. Bantu share artikel ini aja gan biar ada pihak Indosat yang baca

  13. Erlangga

    Saya pengguna indosat postpaid bayar bulanan ambil paket freedom XXL Postpaid tiap bulan saya bayar 3ratus lebih awalnya lancar dan suka sisa kuota dan internetan nyaman bangt dengan speed 5Mbps, tapi semenjak April sampai saat ini indosat bikin kecewa, komplain jawabannya sama kaya di artikel ini. Sinyal 4G Full tapi Speed cuma 16Kbps. Giliran mau aku stop langgananku banyak syarat syarat yg merepotkan.

    1. Noviyanto

      Duh kok sama gan, saya juga coba yg postpaid. Mulai 6 April kemarin mulai lemot parah sampai 11 Mei sekarang, sy sudah laporan tapi tetap saja tidak ada pengaruh. Sepertinya memang semua mengalami hal yang sama.

      1. Liana

        Saya pengguna freedom L postpaid juga merasakan sejak april smp saat ini sinyal 0.01kb lemot luar biasa,,
        Saya udh berkali” membuat laporan tetap saja sinyal seperti ini.

    2. fara

      iya nih indosat,udah ditelponin ke cs berkali2 teteeppp aja lemot bgt sinyalnya. Malah skrg kecepatannya turun drastis 0,15k/s tiap jam 1siang – jam 12mlm(jam2 sibuk) ???? Pdhl kuota berlimpah, mau buka fb aja gabisa, speed selalu di bwh 5 koma. Saking lemotnya, saya skrg juga pake provider lain karena paket indosat freedom XL ga guna sm sekali alias serasa ga ada paket internet sm sekaliiii, bnr2 berasa dikadalin indosat!

  14. Pengguna lama indosat

    Sama gan saya juga di kerjain indosat, saya sih orang biasa, dengan uang pas2an. Masa udah isi paket, pulsa kemakan juga, katanya sistem perpanjang otomatis apanya yang ada pulsanya di sedot juga. Kayaknya indosat sengaja banget bikin orang rugi supaya beli pulsa terus.

    Viralin aja all, indosat, biar di tindak segera. Padahal kalo mau jahat itu bisa aja masuk ke ranah hukum, penipuan terhadap konsumen. Saya tiap saat dimanapun internet LTE tapi sinyal hanya di kasih 1bar dari 5bar.

    1. Noviyanto

      Sama sob, saya isi pulsa tiba-tiba ikut program gak jelas yang membuat pulsa saya kepotong

      Operator bilang mungkin saya bukan iklan secara tidak sengaja, padahalkan itu butuh persetujuan customer. Saya juga tidak gaptek paham scam seperti itu

      Dan yang aneh adalah kalo buka sms dari 4-5 digit angka maka secara otomatis berlangganan. Kan aneh bagaimana bisa cuma buka SMS secara otomatis bisa berlangganan.

      Kata CS sudah di berehentikan layanan dan tidak akan ada lagi layanan yang masuk, eh beberapa minggu kemudian setelah isi pulsa berlangganan lagi. Dan saya telepon lagi katanya saya klik iklan atau buka sms, kan konyol. Saya tidak sebodoh itu , makanya saya buat artikel ini supaya customer lain tau dan apakah mengalami hal yang sama.

      Sepertinya Indosat mengetahui hal tersebut, , mungkin saja mereka diam saja dan itu lah keuntungan mereka saat ini mencuri pulsa dengan alasan membuka iklan dan membuka sms tanpa persetujuan pelanggan.

      1. key

        kalo pulsa yg tiba2 kepotong padahal ga reg apa2 ane jg pernah ngalamin gan, apalagi kl pulsa pas di atas 25k bisa sering masuk tuh sms per harinya, akhirnya mau beli pulsa berapapun ga sampe 2 minggu udah abis kesedot ????????????, pas komplain ke cs cuman dibilangin bisa di unreg di aplikasi pak, lah kenapa hal kayak gt gak diblokir aja, malah kesannya dibiarkan ya hmmm

  15. Hamba Allah

    Sampai Sekarang pun masih Lemot..
    Baru Buka YouTube atau Playstore Saja Loading Terus , dan WhatsApp sering Pending.!

    1. Noviyanto

      iya sob, update 15 Mei ini indosat masih parah lemotnya untuk wilayah semarang

      1. Oky

        Wilayah Kediri khususnya kecamatan banyakan. Lemot parah. Baru isi unlimited youtube 7 gb. Buat buka opera mini lelet abis. Up 21 juni 2019

      2. Ranma

        Kayaknya Itu Emang Manajemen Di Sekitar Wilayah Mu,Punya ku Dari Awal Beli (2019) Sampai Sekarang Bagus Bagus Saja,tidak ada Scam Dan Indosat Juga meminta persetujuan Untuk memperpanjang Paketan…Bisa jadi emang Kondisi Internal Di Indosat (Manjemen Busuk) Lagi Pada Korupsi Uang Customer Dan Kalo Lapor Tapi Di gituin Ya saya Cuma Bisa Bilang Sabar Ini ujian..BTW Kalo ada yang Pintar Viralin Artikel..Tolong Artikel Ini Viralin

        1. Noviyanto

          Kalu memang hanya diwilayah saya tidak mungkin ini artikel setiap hari yang baca ratusan. Saya kira ini perlu evaluasi diri dari pihak Oredoo sendiri.

  16. andi

    SAMA JUGA SOB, Pakai LTE sama sekali ga jalan internetnya, habis ubah ke 3g baru jalan dikit dikit.
    makin parah aja

  17. Titto

    Indosat paraaaah !!
    LEMOT, Jaringan 4G Lemot Parah !!
    Chat WA aja lemot, apalagi download tambah parah

  18. Miftachul Huda

    Heranya speed dowload 0.19 Mbps giliran upload 10.0Mbps, buset malah kebalik.gue butuh download yg gede ketimbang upload ,mana udah langganan postpaid setor rutin speed lemot????

    1. Noviyanto

      Sama gan, kalo komplain mereka pakai jawaban itu-itu aja gak ada solusi. Emang perlu perombakan management sebelum gulung tikar.

  19. JT

    Sama gan sy jg ngalamin jaringan indosat makin parah sjk 2 th belakangan ini, bln lalu ganti kartu 4G berharap bs jadi solusi eh malah tdk ada efek apa2, pdhal sdh pke nomer indosat ini dr jaman mentari smpe skrg ke matrix.

    Bukan cuma di satu ato dua daerah, tapi di smua daerah jaringan indosat tiarapp parahh, satu2ny solusi tercepat ya ganti provider lah, utk saat ini telkomsel & tri mgkin yg terbaik

  20. Indosatanjing

    Indosat ini paling bangsat dulu saya mengeluh karena sering lelet, mereka sarankan saya untuk migrasi ke 4G. Tapi malahan tidak bedanya masih lelet buka instastory pasti lambat, tiap kali komplen pasti kabur cs-nya

      1. Taufik

        Udah gan.. Tapi gak di twitter saya lapor di situs resmi brti

  21. Fii

    Bulan mei ini indosat bener” lemot parah, kirain cuma saya doang ternyata banyak juga, saya buka artikel ini saja sampai 1 menitan

    1. Noviyanto

      Iya gan, kalo lihat di twitter banyak yang laporan internet indosat lemot, tapi jawaban CS nya sama semua , gak ada solusinya.

  22. udin

    Saya juga pemakai Indosat semenjak tahun 2012, baru aja ganti paket 2 hari yang lalu ke (yang katanya ‘new’) freedom 11gb beli di myim3 yang resmi, eh malah sinyal busuk banget, buka youtube lemot abis. Sebelumnya inject bomber yg 35gb aman2 Ja. Lokasi di Semarang. Sampe hari ini masih busuk.

    1. Noviyanto

      sama gan saya juga semarang, sepertinya saya perlu berganti provider untuk sementara waktu sampai menunggu Indosat bangkrut atau di merge dengan provider lainya.

  23. Lala

    Saya pake indosat juga sangat busuk koneksinya, lokasi di Semarang. April sudah mulai busuk, bahkan sering emergency jaringannya. Mei tambah buruk lagi. Saya selalu bolak balik on/off mode pesawat, restart hape, semuanya gak ngaruh. Mau kirim foto di whatsapp saja gak bisa2 malah jadi gagal. Alhamdulillah hp saya dual sim, 2-2 nya indosat. Salah satunya jadi nomor primary, satunya untuk internet. Rencana mau ganti ke operator lain tanpa ganti nomor primary

  24. Inoe

    Tenggelamkan ????????????????????????

  25. Salim

    Udah gitu sering maling pulsa lagi

  26. lastri

    saya jg mengalami sinyal indosat amat sangat lemot

  27. Fahrudin

    Kok sama ya keluhannya.
    Saya juga pake indosat, bukan senang tapi malah bikin emosi.

  28. Dodo

    Kok sama ya min, ane sampai komplain 1 minggu penuh, tp hasil sama aja. Tiap kali komplain via twiter sama cs nya pasti disuruh :
    1. Matikan data / ke flight mode
    2. Seting operator secara manual
    3. Seting APN secara manual
    4. Restart hp
    Kl itu semua sudah dilakukan trus kita komplain lg kita akan disuruh nunggu, trus nanti ada pemberitahuan bahwa jaringan anda sudah di seting ulang silahkan matikan hp 1-3 menit. Dan hasilnya adalah……..
    Kecepatan internet anda sama saja….
    Silahkan anda coba dan buktikan

    1. Noviyanto

      Udah kayak gitu siklusnya gan, management perlu dirombak, bantu laporoan ke BRTI gan via twitter. Sudah parah jaringanya

  29. Arik Gwie

    Aku tinggal di Malang, dekat dengan kantor Indosat. Udah lebih dari 10 tahun pake Indosat, kartu ku aja sekarang masih Mentari. Dulu sinyal cepet banget. Kok sekarang jadi memble??? udah 2 bulan kecepatan download cuman max 50 kbps, padahal paket Freedom Combo Large. Kalo malem jam 1 sampe jam 5 pagi bisa 1 Mbps. Jam 5 pagi ke atas… jangan harap deh!!! Bingung kenapa kok jadi begini? Padahal dulu Indosat bagus banget, dan aku termasuk penggemar fanatik Indosat. Kalo kayak gini terus mending beli kartu lain, cuman masalahnya, ini kartu nomer primary… DUH!!
    #penggemarkecewa #indosatdowngrade

    1. Noviyanto

      Bantu report ke BRTI aja gan, perlu audit dari pihak yang bertanggung jawab untuk masalah ini, percuma kita lapor via CS ataupun twitter. BRTI wajib audit management Indosat.

  30. mr x

    Nasib sama om udah terlanjur pake freedom combo biar agak cepet malah parah cuman bisa mantengin fb wa youtube itupun nunggu bufering lama buset dah kirain cmn gw ternyata kasusnya sama

  31. Taufiq

    Gw tambah provider untk kuota krna sinyal indosat jd lemot & ga nyampe 2bar.. sblmnya thn 2018 msh bgs tuh..pas ganti mlh lupa g d isi pls yg indosat smpai hangus.. pas gw aktifin udah ga bisa..tanya ke grei hrs pindah ke pasca bayar..gw turutin nympe beli paket yg 6bln sktr 500rb lbih.. sblmny gw tnya dlu sinyal nya gmn.. katanya bagus..gw turutin..eh taunya msh lemot..ketipu lg gw.. nyesel gw.. klo bkn mo lama dah gw gepreeeeekkk!!! #indosatBobroookkk

  32. Andrie wy

    Kampret emang indosat gak tau diri

  33. Argo

    Emang keterlaluan nih provider, waseeemmmmmmm bener2 gak bisa ngapa2 in, WA aja cuma bisa message-an doang, kirim gambar aja gak bisa padahal ada kerjaan yang butuh gunain fitur gini-an, ada yang salah neh sama provider satu ini, lagi2 klo bukan nomor lama & primary dah gua buang nih SIM card

  34. Angga

    IM3 sudah keterlaluan banget, bikin pengguna menjadi kesal dan kecewa…lebih baik harga paketan IM3 diturunkan aja lebih murah 1GB 5rb/bulan….kalo sinyalnya bagus gapapa la ini jelek banget buat main MOBILE LEGENDS aja lemot….emang tai IM3….????????????

  35. udin

    sama bgt ajg bat isat

  36. Bas

    Tinggalkan Indosat & Beralih provider lain,
    Hanya itu solusinya.

  37. Bung Karni

    Aku ngerasain bgt sekarang. Awalnya baik baik aja selama ini berlangganan paket unlimited 7gb/bln problem muncul ketika tag 10juni kemarin, 2 hari belakanganya dipakai streaming viu tag 10 blass ga bisa buka internet sama sekali, liat whatsapp pun gabisa. Akhirnya nyoba perpanjang di tag 10 padahal limitnya masih tag 15, kirain bakal membaik dong ke kondisi awal dan ternyata ga ngaruh sama sekali, kecewa bgt sama pelayanannya, udah coba contact via twitter direspon oleh cs nya tapi ga ada pengaruh sama sekali

    1. Indosatgakcare!

      Sama banget. Aku baru tau Juli ini, ternyata unlimited ada batasan jaringan. Padahal sebelumnya lancar² aja. Nyesel beli indosat. Untung khusus kuota. Ganti provider lain deh

  38. Maz zhen

    Hmmm, indosat kartu *penguji kesabaran
    Dan saya sering emosian gara gara ini..
    Seriusan dah…
    Kalo udah primary, emng susah buat ngganti, kecuali kalo ganti HP yg slot simnya ada 2.. *no hybrid
    Satunya buat provider laen..
    Dan butuh biaya untuk ganti HP..
    Nasib.. 🙁

  39. Cristian

    Sama, 4G nya kagak jalan sama sekali padahal bar sinyal penuh.. Ganti ke 3G mendingan.. Enaknya diapain nih Indosat… Saya pengguna lama dengan nomor 10 digit yg skrg itu adalah nomor utama saya.. Terasa kenceng kalau jam 2 pagi.. Kan konyol, masak mau belain nunggu jam 2 pagi?? Saya rasa ada permainan di internal Indosat dan ada pengkorupsian uang costumer.. Apalagi saya pelanggan pascabayar yg dikatakan sudah lama.. Apa Indosat menunggu dituntut dulu baru bertindak?

  40. toni

    wah,, tak kira cuma aku,,,,
    aku juga heran kenapa 4G Indosat ku kok lemotz,,,,, kyk sinyal Edge, Ndak sinyal 3G/H sama aja lemot,zzz pokonya lemot,lemot,,,,,,lemot,,,, bikin kezel,,,,,
    aku Ndak pake Indosat lagi buat internetan, kecewa,,,, kalo bukan nomor kartu lama saya, sudah pasti aku patahin kezel, jadi aku save buat telfon, sekarang aku pake Telkomsel buat netan cepet, tri dan XL aja cepet aku udah nyoba, ini provider lama tapi, hmmm MENGECEWAKAND

  41. Dian

    Terima kasih sharingnya, Mas.
    Saya juga pengguna lama Indosat, sejak 2008. Sudah setahun terakhir ini kecewa berkali2 baik karena penyedotan pulsa sepihak oleh paket2 ghaib, tarif sms/telpon yang semena2, sinyal yang super lemot di kota manapun yang saya singgahi, dan tanggapan CS yang itu2 saja. Pertimbangan utk ganti nomor/menonaktifkan indosat sama spt yang lain, sudah terlanjur primary.

    Saya pikir kita semua perlu ambil tindakan tegas, lewat jalur hukum mungkin, atau dimulai dari membuat petisi online. Karena Indosat skrg sudah terlalu janggal dan payah. Sangat merugikan konsumen. Komplain ke CS Indosat sangat buang2 waktu dan energi.

    Mas bisa mjd pioner utk gerakan/laporan/petisi ini? Saya yakin banyak yang akan support karena ini permasalahan seluruh pengguna kartu Indosat.

    1. Ruswanto

      Saya support banget nih masalah ini, kita harus tegas ambil tindakan ini.

      Saya termasuk salah satu pengguna lama kartu indosat, dan pasti bisa pindah kelain hati tapi bermasalah karena kartu utama, tapi apa boleh buat kalo gini terus. Mau pake jaringan 2g, 3g atau 4g semua sama tidak ada jaringan sama sekali, PARAH!. Secara logika harusnya di jakata kota besar masa berlaku juga sinyal TONG KOSONG!!!

  42. Icikiwir

    Indosat memang sudah parah sekarang, banyak kasus pulsa tiba2 hilang, 4g rasa edge, embel2 paket unlimited nyatanya sama aja, speednya di turunin gak nanggung2 sampai 16 kbps. Komplain sana sini tetep aja gak ada solusi. Mending povider ini wajib ditinggalin dah, dijaman digital ini kalo gak ada solusi mah cepet2 aja gulung tikar. Btw emang susah gan hidup di negara berflower :v kudu sabar..

  43. Oky

    Wilayah Kediri khususnya kecamatan banyakan. Lemot parah. Baru isi unlimited youtube 7 gb. Buat buka opera mini lelet abis. Up 21 juni 2019. 4G tapi rate cuma 0.10 kbps

  44. Pemakai IM3 sejak 2012

    Ternyata semua mengalami yang sama ya..
    punyaku padahal Pascabayar, tetep leeemooooottty..buka google aja, hitungan 10 detik baru buka, awal awal pakai pasca bener bener bisa di nikmati setelah 6 bulan….sumpah kayak sampah, sampek sampek Hp yg ada nomer IM3 gak tak kesentuh

  45. Ari

    Di Pekalongan lebih parah lagi om.
    Masih bagusan tri dan xl..
    Serius.

  46. Zegi3

    Indosat bangsat.. Gara gara ini kartu . Sudah dipercaya malah bikin kesel. Bisnis jadi hancur… Masa giliran wa penting ga masuk. Giliran wa ecek ecek masuk.. Kan bangkeee….

  47. Anonim

    Celeng pancen indosat

  48. Devi

    Sama saya baru beli paket yg harga nya 100k , dan jaringan na bobrok kuota 50gb masih utuh . dikira pelanggan beli pakai daun apa . uaang terbuang sia sia

  49. undhin

    saya pakai indosat sejak 2002, tp untuk internet jarang pake Indosat, kadang coba2 beli yg paket 1hari, ternyata smpai sekarang emang tetep lemot internet nya Indosat

  50. Sampidefok

    Sama Persis.. Bikin boros segala gala… Mending tutup sajalah indosat…

  51. SIAPA AJA LAH

    indosat pilih kasih bro.. Giliran di kota besar atau pusat industri kecang sinyalnya.. Giliran di kawasan perumahan atau kampung yg gk terlalu jauh dari kawasan industri sinyalnya kayak tai.. Gw punya rencana nih..kita telpon aja bersama call centernya,, pada jam yg sama dan keluhan yg sama dan kata kata yg sama,, apakah akan ditanggapi..? Kalo gk di tanggapi berarti harus di obrak abrik pusatnya..

    1. fara y

      Saya jakarta kak, sama aja jakarta skrg2 malah kecepatannya di bawah 3k/s. Di mall elit pl*z* s*n**a* aja pas bayar pake ov* tiba2 ga ada sinyal sejam-an, pas ada cuma O koma ???? Akhirnya pjm internet tmn buat jd portable hotspot. Di kantor pun krn srg ga bs browsing akhirnya lbh srg pake wifi kantor Aneh kan klo berbln2 internet lambat bgttt sampe sisa kuota utama mah 95%, ya buat apa kita pake indosat?? Mana sering diteror sms alay yg ajakin chatting dan nada dering TIAP HARI yg ternyata nyedot pulsa 50rb!!!

  52. Sugiarto

    Sama,PARAHYA KEBANGETAN DAN BIKIN SAKIT HATI,
    1.karena merasa DIBODOHI,
    sinyal 4g full,tapi buka gambar facebook aja ga bisa…
    artinya indikasi 4g yg full TIDAK SESUAI KINERJANYA…
    kadang saya berpikir ini masuk PEMBODOHAN DAN PENIPUAN KONSUMEN….
    klo bisa DIVIRALKAN.. Biar yg punya indosat bertanggung jawab dgn hal ini..

  53. Ichiru

    kirain cuman ane yg ngalamin,
    ini mulai tanggal 1 juli sampe skrg 4 juli, speed download ane bikin emosi,
    download 1kB, tapi uploadnya 300kB..
    lah kan bikin misuh…
    apa ts koneksinya uda normal sekarang?brp lama bisa sampe normal?

    1. Noviyanto

      Untuk saat ini normal gan, tapi sekali lemot sampai berminggu-minggu bahkan saya pernah megalami 3 bulan lemot. Untuk samapi normal tidak bisa diprediksi gan, saya kira tergantung lokasi gan bro.

      1. Amalira

        Itu lancarnya diapain yak? apA ada cara tersendiri atau cara khususnya??

        1. Noviyanto

          Tidak ada cara khusus, selain perbaikan sistem jaringan mulai sistem internal dan eksternal dari Indosat.

          Karena settingan dari sisi user tidak akan berdampak besar sama sekali.

  54. Pandi

    Buka YouTube macet² main mobilegends macat² jga udh sma kyk dijln jakarta sna macat parah..
    Aneh bin ajaib signal 4G tpi buat browsing internet aj susah amat..
    Sampai heran (apa hp saya yg rusak) habis nya bingung jaringan 4G tpi tak berfungi…
    Ane mau coba ganti ke opr laen..
    Ya biar ad penurunan pendapatan di indosat ini..

  55. T Satriatama

    INDOSAT LEBIH KEONG DARI KEONG

    1. Rinaldi

      Mari tinggalkan indosat yang gk bener dan susah dikomplen

  56. Tyo

    Heh, kirain cuma sya aja yg merskan kelemotannya si indosat.
    Trlnjur beli paket freedom combo lagi.
    Kirain hbis diisi ulang, jdi stabil lagi 4g.nya, eh trnyata mlah tmbah lemot ndak karu”an….
    Biasanya ndak di pakek youtube.an 1-2 hari, balik normal jaringnnya, skrng bukannya normal mlah di pakek youtube.an, layar HP putih doank, loadingnya lama pollllll..

    #indosatparah

  57. Linuxman

    4G rasa GPRS gan :v

  58. manusia setengah bebek

    Mungkin ini karena kebanyakan penggunanya.. Jadi jaringannya terus dibagi bagi:v klo malem cepet karena mungkin penggunanya lagi pada tidur:v jadinya pembagiannya berkurang dan gk lemot:v tapi klo pagi atau siang bakal lemot lagi karena penggunanya udah pada bangun dan pembagian jaringannya kembali seperti semula:v akhirnya dari yg pas malem sekitar 300-500kb/s turun jadi 30kb/s :V *menurut teori saiya:l

    1. Amalira

      Btw, aku jg ngerasain indosat yg lemot ny makin hari makin parah -.-

    2. Noviyanto

      Saya rasa tidak, malampun sering mengalami jaringan yang begitu lemot sekali. Mending kalo cuma 1 hari ini bisa sampe beriminggu-minggu kalau jaringan lagi lemot. Dan tanggap CS akan selalu sama.

  59. IgoIchigo

    INDOSAT MAU BANGKRUT! byk kselnya pake krtu bgst ini.
    -Pertama suka dpt sms dr nmor ngga jlas yg nyruh qt hub *123*514*22#
    -Kedua pnah dpt sms penyedot pulsa (tasya rosmala / diary armada) yg tiba2 teregistrasi sndri
    -Ketiga sinyal 4Gnya berasa kek 2G, LELET BIN LEMOT

    Gk drekomen pake krtu IM3 bgst ini buat para gamer / maen game yg real time battle kaya mobile legend / bleach 3D dsb, krn lu bkal darah tggi aj krn kenge’lag’annya dan dbully sm tmn lu hbs2an

    1. Noviyanto

      Nah yang masalah SMS penyedot pulsa juga aneh heran banget gan, bisa otomatis terigstrasi padahal kita engga pernah men-setujui, saya tanya ke CS katanya itu dari pihak ke tiga, saya kategorikan Indosat melakukan penyedot pulsa secara ILEGAL menggunakan pihak ketiga, padahal tau merugikan customer tapi Indosat seakan mendukung pihak ketiga tersebut dan tidak ada tindakan tegas.

  60. Kim

    Saya di rumah dan di kantor dapat signal 4g indosat. Tp kecepatan upload/download nya beda jauh gan. Bisa dibilang gk kepake jaringan 4g indosat klo dirumah ane. Pas ane laporan ke email indosat gk lama dibales suruh reset jaringan. Gk sampe 1hari udah lemot lg aja. Udah dr akhir 2018 sampe sekarang di tempat ane indosat nya gk kepake gan. Cmn bisa dikantor aja.. mungkin pembagian kecepatan di tiap daerah kurang merata.

    1. Noviyanto

      Nah kalo sudah sampe berbulan-bulan gitu silahkan laprokan ke BRTI gan, siapa tau Indosat benar-benar perlu di AUDIT lagi.

    2. Ibink Malaca

      Betul mas Kim.

      Di kantor saya di bilangan Rasuna Said, Jaksel; kecepatan Internet ISAT betul-betul kencang. Di coba dengan speedtest rata-rata sampai 30MB (DL) dan 25 MB (UL).
      Tapi begitu sampai di rumah di Tangerang Selatan, speed-nya turun jauh, Hanya sekitar 30 KB-50 KB baik DL maupun UL.

  61. Ibink Malaca

    Dalam 6 bulan terakhir, saya sudah 3 kali complaint langsung ke Galery Indosat yang berada di salah satu Mall di bilangan Tangerang Selatan.

    1. Laporan Pertama : Saya disarankan untuk menambah APN Setting di HP dengan dibantu oleh mbak CS di galery tersebut. Setelah sampai rumah ternyata kondisi kecepatan internet tidak berubah.

    2. Laporan Kedua : Saya disarankan mengganti kartu SIM Nano di HP saya dengan SIM fisik yang baru namun dengan nomor yang sama. Setelah diganti SIM card disarankan agar mematikan/reset HP setelah satu jam. Ketika sudah sampai di rumah dan saya lakukan sarannya ternyata tidak ada perubahan juga.

    3. Laporan Ketiga : Laporan ketiga ini baru saya lakukan sekitar 1 bulan yang lalu. Saya lakukan complaint keras agar dipertemukan dengan pengelola jaringan ISAT (team Operation BTS) yang berada di galery tersebut. Mbak CS bilang di galery hanya ada Costumer Service untuk para pelanggan saja. Akhirnya saya diharuskan mengisi formulir pernyataan keluhan pelanggan yang katanya akan diteruskan ke divisi pengelola jaringan dengan melampirkan KTP saya. Mbak CS bilang agar pemakaian internet nya terus dipantau agar terlihat perubahan kecepatan Internetnya.

    Satu minggu, dua minggu sampai sebulan terakhir saya amati ternyata sama sekali tidak ada perubahan. Dan saya sempat bertanya ke tetangga di rumah, ternyata memang tidak ada seorangpun yang menggunakan kartu Indosat karena di lingkungan rumah saya sinyalnya sangat buruk. Saya berfikir; rumah saya jaraknya hanya 19 KM saja dari Kantor Pusat Indosat di Monas. Apalagi teman-teman yang berdomisili di luar daerah maupun diluar pulau Jawa?
    Apalah daya karena saya sudah 18 tahun memakai nomor ini dari awal petama kali M3 launching di awal tahun 2001.

    Terima kasih mas Novi atas ruang yang disediakan untuk tumpahan keluh kesah saya,-

    1. Noviyanto

      Wah makasih pak sudah sharing, sampai komplain ke galery saja tidak ada perubahan jaringan, apalagi kami yang cuma bisa komplain via twitter, email dan telepon dijawab dengan jawaban sama semua,dan ijin pak saya copas kedalam artikel

      1. Ibink Malaca

        Silahkan dimuat di artikel, mas Novi.

        Terima kasih atas bantuannya,-

  62. Wildan

    Mantap bro.. Indosat Gakk gunaaa, paling leeemoooottttttt banding kartu yang lain. Kecewa pelanggan teruss

  63. longstaff

    Dari awal lebaran sampai sekarang mas. Seluruh keluarga pakai paket freedom postpaid paket XL, tapi jaringannya dari awal diperpanjang mentok 30kb/s kalau udah jam 7/8pagi sampai jam 12 malem. Gitu terus. Edan. Sejak pergantian komisaris kok jadi gini.

  64. nak minang kabau

    Iya nih indosat mengecewakan,pas aku mau post vidio quotes buatan gua lambat di ig nyusahin banget cok,pas mau buka wa gak ada pesan masuk 1 pun gan anjir skali kan,pas aku minjem kartu telkomsel punya temen jadi terima pesan 1000 lebih kayaknya,ini bener² indosat lagi nguji kesabaran wkwk,aku kira indosat akan lancar terus kayak dulu,dulu sampe download pubg cuma 15 menit selesai download tanpa wifi,skarang makin susah????saya kecewa! bang kira² kapan jadi nya kalo gini terus bisa² bikin gila orang,udah berlangganan 3 tahun pakai indosat terus malah sekarang banyak masalah! jawab bang!?!?

  65. Andan

    Seharusnya kamu bersyukur dapat 30kb/s
    Saya dapat max 15kb/s
    Buka web ini aja berkali2 refresh.
    Waddaaaawwww
    Intinya sama2 wadddaaawww

    1. freak noizes

      Say dah 6 hari bandwidth cuma 0,02 kbps FB ane aja ga bisa, whtsapp pending 4 jam, padahal saya paket Indosat pascabayar

  66. Bla bla

    Indosat benar” parah.. Saya sebagai pelanggan sangat kecewa dengan indosat.. Maafkan saya pak indosat.. Saya mau pindah ke operator lain aja..

  67. Rosita

    Iya sebenarnya ada apa dengan indosat?

    1. freak noizes

      Sepertinya sengaja dari servernya di batasi bandwidth maximum 3 kbps

  68. Nathalia

    saya load ig aja hrs ubah 4g ke 3g berkali”.. facebook sama skali lama kalo mau nunggu semua gambar terlihat, refreshnya lama banget parah.. untung line sama wa chatting bisa, dan untuk buka youtube 240p aja kaga maju”.. oya saya pake paket unlimited dam biasanya kalau uda pemakaian max pun, buka youtube atau ig ga separah ini, dan juga klo diubah ke 3g, ga selemot ini.. ttep bisa loadinggg.. lah ini parah sihhhhh hampir 2 minggu kaya gni..

  69. Siny

    Mari tinggalkan si kuning(bukan spombob)

  70. Ganang rusli

    Jaringannya parah ancur lemot, setting ini setting itu APN ini APN itu sama aja, Indosat tai

  71. Hilman

    Satu kalimat buat indosat oredoo ” operator terburuk dari yang buruk” yg melayani jaringan internet di indonesia.

  72. hazni

    Buat yg no lama primary, cabut aja semua paket, jadikan mesin penerima telp aja… pake hp dual sim, internet connectionx pake xl aja ada 3 pilihan priority: combo, vip, hotrod

  73. Putri

    Biasanya cuma 1-2 hari jaringan indosat bermasalah ini udah berminggu-minggu masih bermaslah istigfar sabar
    Terlanjur udah beli paket .
    Habisin 30 hari massa aktif paket pindah ke oprator lain.
    Tangerang

  74. Whs

    Betul.. Parah banget sinyal nya. Padahal saya tinggal di kota. Tiba2 sinyal hilang, no service. Eniwe, Saya jg pelanggan lama dari 2002. Kalo bulan ini tetep tidak ada perbaikan. Ayo rame2 pindah operator saja. Rasanya percuma, dah bertahun2 bukannya semakin bagus, tapi malah menurun kualitasnya.

  75. Salha aje

    Yah ini gmna bru ngisi paket coba, emg dr maren2 gw dh kesel gregetan bet indosat lemot gini, 4G apa lgi ya ampuunn…. ampe mo lempar hape pdhl yg slh indosatnya
    Minta pndpt aja deh, ini gw kudu gnti layanan ato terusin aje? Tpi nih krtu buat klo ada apa2 ya tau lah. Trus kartu apa yg bgus buat internet yg speed nya bagus klo misalnya ane ganti?
    Mo’on pendptnye

    1. fara

      yah sm kak, ini saya jd beli paket provider lain gara2 indosat parahh bgtt speednya jd 0,15k/s . Jangankan untuk IG youtube, buat google aja susah, sampe ada tulisan *periksa jaringan internet anda,,,, Ini nulis di sini juga pake internetnya provider lain, yg indosat msh ada 20gb ga kepake sm sekali. Sejauh ini yg bgs si telk*ms*l dan *L

  76. Anang AW

    Sudah masuk bulan Juli masih aja lemot. Setiap siang sampai sore trouble terus, malam sampai tengah malam baru lancar lagi. Kalau gini terus jadi kalong kan hmm :3

  77. Putra

    Emang parah banget indosat, saya main game saja sinyalnya langsung turun ke h+ atau kadang” 3g padahal kartu saya itu 4g, sinyal langsung ping merah, sudah lapor melalui 185 katanya akan di optimalisasi, nyata malah sama saja

  78. a5sum

    indosat oredo ngibuli kita
    sinyal 4G
    tapi lagaknya sinyal E
    muter terus, suka jalan ditempat

  79. Vanillaa

    Hahahaha sama kek gua. Udah komplen berkali2 pun gabisa jalan internetnya. Udah ganti2 apn juga masih ga jalan, emang dasar dari sananya aja yang ga bener

  80. rendhi

    sy pun kecewa padahal pengguna pascabayar indosat , kuota 36gb pun tdk terpakai ,awal2 bagus sih lebih dr yg prabayar, tp kesini2 malah makin ancur jaringannya,wa pun kadang telat
    kalo emg didaerah sy sinyal indosat kurang bagus,kenapa ga dr pertama sy pakai ga lemot yah , malah kesini2 lemotnya
    kadang selucu itu hehe dan komplain k cs pun ga ada solusi
    terimakasih indosat anda buruk sekali

    1. Tomas

      Betul Mas Rendhi, awalnya saya pakai Indosat cukup puas, tapi sekitar 2-3 tahun belakangan ini semakin hancur… Paket Pascabayar Freedom Combo XL saya pun terbuang mubazir setiap bulan…

  81. Anonim

    Sepertinya harus beralih dan berhenti dari layanan im3 yang ancur sekarang ini. 4g plus apanya. Kecepatan nya kayak edge sumpah.

  82. Faza

    Kalo dihitung2 udh ada hampir 100 kali komplain ke call center. Masalah yang sama terus menerus tidak teratasi.

  83. Fikri

    Satu2nya solusi, tidak usah dipakai nomornya. Lebih baik dibuang saja, dr pd nambah2in dosa setiap saat marah.
    Biasanya sayang ngebuang nomor lama, tp apa boleh buat. Ga guna juga.

  84. Ngurah

    Saya udah nglapor k hai indira apa tu namanya katanya udah di perbaiki tpi tidak ada perubahan sama sekali…
    Padahal baru pagi bli kuota msak lngsung pakai udh lelet..

  85. Dyah Pr

    Bener banget ini. Udah lama saya tunggu blog kek gini. Saya juga udah lama pake indosat. Pengen ganti tapi sinyal paling kenceng di sini indosat. Mau download file 1 gb eh baru 600mb kecepatan internetnya turun drastis jadinya hilang file dan gagal download. Udah berkali2 kejadian kek gitu.

  86. Tomas Ekawijaya

    Suamaaa dengan yang saya alami, saya pengguna Matrix dari tahun 1998 (0815 18XXXXX) sudah complain ke Customer Service yang Hotline, dan juga datengin ke gerai Indosat berkali-kali (telepon Hotline mungkin 5 kali lebih & Gerai Indosat 3 kali di Sarinah, Bintaro Xchange dan Lippo Mal Puri) tidak membuahkan hasil apa-apa, sudah rubah APN juga berkali-kali, dibilang memang sedang perbaikan jaringan terus 🙁 Sinyal 4G+ Full Bar tetapi speed download cuma 0,3Mbps… upload bisa 7Mbps? apa memang download data-nya dicekik ya? saya pakai paket pascabayar Freedom Combo XL dan gak pernah lebih dari 20% pemakaian data saya tiap bulan (karena rumah dan kantor ada WiFi) dan di luar rumah download data LEMOTTTTT parahhhh… memang ini harusnya dilaporin kemana ya biar viral? nomor ini saya sudah pakai dari tahun 1998, tapi kalau begini terus ya apa boleh dikata sudah tidak bisa diharapkan, akan berpindah ke lain operator…

  87. agung R

    Sama gan punya saya juga gitu udah beberapa bulan ini tuk koneksi internetnya saya udah gak pakai indosat lagi. tapi berhubung nomornya termasuk penting ya sekarang paling cuma saya isi Rp 5000,- perbulan biar gak hangus aja nomornya. entar low udah numpuk pulsanya ya tinggal buat beli masa aktif aja.
    september 2019 ini saya coba masih kayak keong.

    1. rezatama047

      Hadeuhhhh..pusing mikirin indosat…..super lemot……manis duluan pahit belakangan…..perbaikan2 cuma omdo…lem biru aja dweh

      1. Rais

        Daripada cerita disini, mending komplain aja lewat telpon 185 ataupun lewat idera di aplikasi MyIM3

        1. Noviyanto

          Bisa dicoba gan, telpon 100 kali aja gan 🙂 silahkan lewat aplikasi mau itu idera myim3,, mau apapun itu silahkan 🙂 Disini supaya ada top management yang membaca .

          1. YY

            Demen gw komen ini.. Aku anjurin orang2 komplen sini aja biar puas dan ga ngasarin CS yg baik hati.

            Sang CS jagoan, mereka tetap tabah jadi tulang punggung untuk keluarga walau kena caci maki.

  88. Arya

    Emang indosat kurang ajjar percuma 4g hanya sebuah logo hspda ajja sanggup 1mb/s lebih naik ke 4g kok sama ajja malah kayak keong pkk ada wacana 5g percuma bakalan hanya sebatas logo 4g speed setara edge benar memang walaupun jam 1 pagi yg harusnya pemakaian blum sampe batas wajar ttp lemot

    1. Noviyanto

      ya begitulah saya sudah konfirmasi ke CS seperti biasa jawaban mereka tidak memberikan solusi.

  89. cannon

    buang aja kartunya,
    UNPAIR#no kartu#
    contoh: UNPAIR#085712341234# kirim ke 4444

    1. GALANK

      Tapi kartunya sudah lama dipake mas, udah banyak nomor sudara/teman yang tersimpan. Gimana?

      1. Noviyanto

        Di isi aja pulsa mas, kalo misal didaerah agan sudah tercover semaca indihome,biznet,mnc dan sejenis mending pasang aja mas.

        Kebetulan daerah saya belum tercover jadi harus pakai kartu kalau tidak keluar buat pakai wifi

    2. Noviyanto

      Mantap, ini cara menghapus data kita di nomer tersebut kah mas?

  90. Opi

    Wow.. Banyak juga ternyata yg senasib. Ane udah ganti apn bolak balik tetep aja lemotnya minta ampun, lokasi kaltim. Padahal sinyal 4g full. Klo gtu fix buang kartu..

    1. Noviyanto

      Kalo misal bukan nomer utama lebih baik buang saja

  91. Firdaus

    KECEWA Berat, hanya itu yg bisa saya katakan. Saya di surabaya dan anak di tangsel sama2 pake indosat. Tapi sudah 2 bulan ini ga bisa komunikasi lewat WhatsApp karena ga ada sinyal. Indosat tlah memutuskan hubungan saya ama anak & teman2. Anak saya masih kecil, belum ngerti cara ganti nomor. Sungguh terlalu

  92. Gunawan

    Dannn sampai sekarang indosat memang parah bener, saya posisi slawi kab. Tegal… Kuota utama masih 2.2 gb tpi lemot parah

  93. Xcesh

    Artikel bagus, sangat bagus mas novi.
    Saya saran, tolong sediakan tombol SHARE dihalaman ini. Supaya pembaca dengan mudah bisa ngeshare ke facebook, twitter atau media yang lain.
    Terimakasih

  94. XCESH

    UPDATE:
    Maaf mas Novi, ternyata sudah ada.
    Tuh, saking lemotnya indosat ini. Dari tadi saya naik turun nyari tombol sharenya ternyata memang belum waktunya kluar, slow motion dia kayak keong, hahaha, maaf. Langsung share ke FB.

    1. Noviyanto

      Indosat melatih kesabaran mas, saya sekarang kalo internet juga cari wifi saja, sambil ngopi

      1. Dias

        Gua sabar banget ini nahan kata”mutiara gua biar ga keluar , anji** gua maketin yang 70rb ternyata sinyal sama ajja kntl , IM3 emang The Best !!

  95. Bantu saya

    Oe aja kalo pke indosat bulan2 sebelumnya masi kuat deket towr, sekarang main COD di kamar hotel di bali udh 4G naik turun batangnya cuma 2 dibawah 1 mbps di speed test bikin nagis aja padahal udh beli yang telpon gratis 30 menit ada kuota tengah malan dan internet yng tidak unlimited aja udh lemot bikin kesel aja

  96. Basuki

    Artikel yang mewakili ????????????????????????????
    ????

  97. Susi

    Saya juga baru kena sialnya, langganan indosat setaun tapi sinyalnya lemot…bolak balik ke CS di mal ambasador dan Kokas dpt jawaban yg beda2 dari CS, bahkan ada CS 6g salahin temen CS lain yg salah menjelaskan, akhirnya saya bilang ke CS kalo saya yakin masalahnya ada di sistem indosat dan bukan CS…sekrg saya sdh minta stop langganan tapi masih ada tagihan, bener2 indosat!

    1. Noviyanto

      Wah kok bisa gitu ya, harusnya kalo udah distop apalagi didatengin secara langsung harusnya berhenti total langgananya

  98. Heri kun

    Sisa kuota gw 1.6 GB batas waktu 7 hari baru 3 hari speed udah down, apa oprator lain kyak gitu jg?

    1. Noviyanto

      Harusnya tidak, selama itu bukan paket unlimited. Pengalaman saya paket masih 30GB saja sudah lemot ,

    2. mukono

      tobat … indosat ooredoo …… !!!!

  99. Zetlive

    update terbaru gimana ini bang? gw ngalamin sampe skrng tiba2 2GB abis dan sebagainya jadi sampe skrng pun bingung karena ini primary number yang seibaratnya semua orang taunya kontak ini termasuk WA. Perlu banyak dibenahi ini

    1. Noviyanto

      Update tambah nomer, nomer indosat tetap dipake cuma diisi pulsa saja biar tidak terbakar, kalo misal dual sim HPnya bisa beliin kartu lain untuk internet.

      1. Zetlive

        Mau pindah ke provider lain yang tersisa hanya si merah namun harganya kurang bersahabat… disitulah sy merasa dilema… ????

  100. Shan

    Indosat, salah satu operator yang paling banyak menipu.. Saya heran ditwitternya rame banget orang yg komplain…

    Unlimited jumbo= boong cs nya ga mau jujur berapa limit fupnya dan tetep ngotot katanya unlimited.

    Unlimited YT/Apps= boong katanya itu unlimited, tp nyatanya lelet bgt pdhl belum kena FUP bahkan bisa potong kuota utama tanpa anda sadar.

    Paket Kuota besar kebanyakan juga di batasi, aneh juga emang paket kuota kok dilimit jadinya sering ga habis saat akhir bulan.

    Sering sekali sms trap & iklan operator… Ini salah satu kelakuan nakal indosat dimana kadang otomatis pelanggan dipaksa mendapat sms premium dan juga iklan operator sering muncul, salah klik aja saat browsing ludes dah pulsa…

    Komplain masalah pulsa hilang sendiri (dirampok) juga sering, ane juga sering pulsa hilang sendiri padahal ga ada berlangganan & data tidak aktif.

    1. Noviyanto

      Saya juga masih binggung dengan SDM yang ada di perusahaan ini. Apa sebenarnya visi misi mereka top managementnya sampai kualitas layanan begitu buruk seperti sekarang ini. Apakah top management tahu hal ini dan membiarkanya begitu saja atau memang top management yang mangatur semuanya. Entahalah tidak ada informasi yang pasti

  101. toetoer

    10.30.2019.

    bali dan surabaya.
    tetap saya lemot.

    di telp bolak balik CS gk ada fungsinya.

    sudah dari hampir 4bulan ini.
    mau ganti kartu, tapi banyak yang verifikasih ke nomer ini.

    karena pakek pascabayar, jadi stop = nomer ilang

    1. Noviyanto

      Makasih gan sudah share informasinya, bantu update terus gan informasi terbarunya disini

  102. JhonTangkis

    Lelah emang bicara sama kostumer servis provider apapun yang dikomplaikan pasti yang disalahkan balik lagi ke kita seperti apn, ganti sim dll padahal masalah utamannya ada di provider tersebut.. seperti sinyal tidak memadai, kebijakan yang konyol dll.

    kayak ini nyoba kuota app yg gratis pake vpn myim3.. boro2 bisa buffering load gambar thumbnail aja jarang2

    entah apa yg dipikirin cs takut dipecat atau gimana kalau nyampaikan komplain kostumer yang sebenarnya tidak dicarikan solusi yang di ada adakan

    buat cs yg baca mungkin bs bales komen saya ini..

    1. Noviyanto

      Saya yakin top management tau masalah ini, saya yakin CS hanya melakukan tugasnya, ada devisi lain yang bertanggung jawab atas hal ini. semoga ada top management yang membaca hal ini.

  103. FITRAH

    Emang parah indosat, saya pake paket freedom internet yg berdasarkan ketentuan di websitenya dapet akses kecepatan download full speed dan tidak ada batas pemakaian wajar. Setiap pagi emang sih kecepatannya kenceng bisa sampe 30mban/s, tapi pas pemakaian sudah banyak kecepatannya turun drastis, contohnya pas siang jadi 5mban/s, malemnya lebih parah cuman 1mban/s

    Nyesel banget pake indosat

    1. Noviyanto

      Nah itu juga yang aneh, tidak berlangganan paket unlimited tapi tetap terkena FUP harian kan tidak menghargai customer sama sekali, padahal awal-awal paket freedom combo tidak ada batasan apapun dan baru tahun ini diterapkan hal tersebut dan saya cukup kaget juga dan benar-benar merugikan customer.

  104. Sky

    Saya menggunakan paket indosat 38gb kouta utama unlimited youtube+ig ..setelah habis kouta 38gb ga bisa lagi buka youtube ..speed mentok 20kb/s…indosat memang tolol

  105. Gapmod

    Rugi gw abis beli paket data juga anjayyy

  106. daniel

    Betul bgt bang..ini baru pertama kali pakai jaringan indosat..gw pakai yg unlimited tp knp kalau buat ngegame snyal nya kok ngk stabil naik turun,tolong segera di perbaiki lg jaringan ny pdhl udh 4g

  107. RANGGA JM

    Saya pake unlimited blm sampe ke batas pemakaian wajar masih di pake setengahnya sudah gabisa buat buka youtobe – saya sudah lama menggunakan indosat dan baru skg ngerasain keganjalan, saya perlu beralih ke kartu yang lain lebih baik biar gak nguras isi dompet wkwk

  108. YY

    Mas Admin, bisa ga komen terbaru taro diatas, biar enak orang bacanya.

    Jadi komplen masalah kita berasa fresh terus.

  109. Kuat

    Sama bos..parah indosat parah abis…saya di bogor kerja pake internet provider indosat parah abis…niatnya mau pake provider tetangganya lebih kenceng…abis itu tinggal ucapkan goodbye Indosat, dan gak akan pake Indosat lagi seumur hidup..

  110. Orang setengah baik

    Gue udah males ngomongin Indosat, udah terlalu kelewatan ngedzalimin customer. Sebaiknya dibikin petisi bubarkan Indosat aja.

  111. Kesel

    Kalau Mau ganti di cek dulu nomor yang tercantum di email, takut nanti settingan nomor indosat itu untuk verifikasi lupa password, repot kalau nomor Sudah tidak aktif tapi belum sempat ganti settingan, pengalaman sendiri dari email saya contohnya susah minta tolong cs Microsoft minta tolong balikin email Hotmail saya yang lupa password dan itu pun tidak terlalu ditanggapi karena verifikasi code tidak boleh kirim sembarangan ngasih keorang yang bukan pemilik, jadi mau tidak mau akhirnya saya relakan kehilangan surel Hotmail gegara kesal patahin SIM card Indosat tanpa cek dahulu sebelum berhenti pakai sim card Indosat, hikhik..

    1. Noviyanto

      Sangat setuju sepertinya akan saya tulis untuk menjadi tambahan informasi

  112. Sigra

    Indosat…

    Sudah 10 tahun lebih saya pakai indosat yang dulu namanya masih ada mentari, saya pakai nomer mentari,..

    Dari tahun ke tahun menggunakan pengalaman menggunakan paket data indosat pasti selalu gelisah…

    1.kondisi mendung mau hujan, pasti sinyalnya hilang #parah
    2.saat hujan udah di jamin pasti loss connection #kesel
    3.ngalamin sinyal indosat kenceng waktu saya ke purwokerto lebih tepatnya desa pliken, sinyal indosat berasa pakai kabel fo dicolok ke hp kenceung banget,
    4.balik ke jakarta udah jalanan macet parah , sinyal indosat pun berasa tidak mau kalah ikut macet parah, mau dimana lokasinya, bahkan waktu saya di galery indosat di deket patung kuda yg katanya di pusat, sinyalnya pun brebet, cs bilang ini karena hp nya pak , (dalem hati, hp gw dual sim, kalo pakai telkomsel kenceng banget, tapi pas di swict ke indosat lemot bgt) , berbagai komplain udah saya lewatin, lewat email, twitter, telp, dateng ke galery indosat, hasilnya zonk,..
    5.sms banking, pernah ngalamin gagal bayar gara2 sms otp dari bank ngk sampai2,… Apes bgt

    Paling kalo sekarang saya pakai 2 sim, perlahan2 yang berurusab sama bank, dll mulai di pindahkan ke telkomsel, yah.. cuman sekedar perpanjang masa tenggang nunggu waktu aja sampai bener tutup ini indosat kaya esia kali yah, hehehe

    Kadang saya suka komentari disosmed indosat, “dari pada kalian iklanin indosat habis sampai milyard , mending kalian benerin jaringan kalian”

    Sama 1 lagi, rata2 pengguna indosat tuh biasanya penggunanya sabar2, :D, percaya ngk percaya.

    1. Noviyanto

      Terima kasih sharingnya mas, selama artikel ini masih ada di halaman pertama mesin pencari artinya layanan Indosat masih buruk, yang saya takutkan ganti nama hehe

  113. Semy Kurniawan

    Tolong dengarkan masyarakat kecil, apapan ini jaringan nambah kesini nambah ancur undah harga kuota naik tapi pelayanan buruk

  114. nandi

    Pakai indosat m3 dengan modem LTE Huawai ngelag terus yang berujung selalu mengenaskan, dan betul bang ganti vpn ip dns dah gak ngaruh padahal rumah saya dibawah tower indosat,pc ane udah diutak-atik biar di services gak ada yang menghambat tetap saja ngelag dan berakhir mengenaskan padahal spek pc udah mendekati dewa…tobat bang pake indosat…ggrrrr

  115. Hendra Setiawan

    Setelah 10 tahun tersesat bersama indosat, saya memutuskan mualaf ke telkomsel. Alhamdulilah tensi saya kembali normal

    1. Linda

      Iya, lama2 saya juga mau ganti telkomsel sajalah..
      Daripada tiap hari saya emosi mulu.
      Saya suka streaming acara. Tapi gara2 indosat buruk saya jadi sebel. Emosi mulu bawaanya. Beberapa hari yg lalu saya beli kartu indosat, pas saya udah beli saya mau isi paket unlimited. Mbk counternya bilang kalo kartu indosat aktifan baru awal bln oktober kmrin ga bs diisi unlimited.. kan sial . Saya tanya kenapa dan sampe kpn ? Mbk nya malah jwb, nanti mungkin ada pmbrthuan dr pihak indosat lagi kalo ada perubahan .. apaa apaan ini! Sial

  116. Sunaryo

    Betul makan gaji pegawai indosat internet lemot pake banget anjirrr…
    Baik unlimited ataupun fredem combo …
    Baik prabayar maupun pascabayar sama ja sinyal 4G tapi lemotnya bikin emosi

  117. Andi

    Pake unlimited pascabayar 50gb bisa cepet cuma pas malam doank…berasa pake paket malam kan kampret..
    Klo pake paket yelow 1GB yg masa aktifnya 30 hari 2,,cepetnya sehari langsung habis

    Ini bukan masalah jaringan..tapi emang di sengaja dari pihak indosat

    Biar kuotanya ga bisa di pake

  118. Linda

    Permisi kakak2, ada yang tahu alasan aktifan baru kartu indosat mulai awal bulan oktober 2019 tidak dapat digunakan untuk isi paket internet unlimited?
    Beberapq hari yang lalu kartu saya eror dan saya beli lagi di counter terdekat. Saya beli kartu indosat non paket seharga 7000 rph dgn pulsa awal 2000 rph’an. Setelah itu saya minta tolong mbak counter untuk sekalian saya isi paket internet unlimited 2GB/1bln setelah itu mbaknya bilang kalo kartu indosat aktifan baru mulai oktober kemarin ga bisa didisi paket internet unlimited. Saya tanya alasanya kenapa? Mbak counter bilang kalo sellernya cuman nempelin kertas dan bilang tentang paket unlimited tdk bisa digunakan aktifan indosat baru awal bulan oktober. Cuman itu aja. Trus saya tanya lagi, loh mbak kalo gitu saya gk bs isi unlomited dong. Trus gmn? Mbknya nunjuk kertas tulisan paket internet freedom, pake biasa mbk. Sampai kapan kira2 peraturan itu berlaku? Mbk nya cmn jawab, ya mungkin nanti ada pemberitahuan lagi dari pihak indosat kalo udah ada perubahan … apa ini ada hubunganya sama lemotnya indosat ?
    Dan ada yg tau kalo aktifan baru kartu indosat awal oktober kemarin ngga bs diisi unlimited. Karena saya masih ragu. Ini bner adanya ?
    Tolong infonya kakak2 . Terimakasih

  119. furi

    in DOSA t…. internetnya bikin emosi

  120. nasi

    semua keluhan bapak ibu bisa dipahami dan saya ikut prihatin, namun sayang pihak provider masak ndk ada yang memantau semua keluhan tersa liar kesana kemari , indosat selaku provider harus ‘GENTELMAN’ JANAN keder dengan layanan yang semakin buruk….kasihan indosat ya ….saya berdoa semoga INDOSAT CEPET BANGKRUT karena keluhan seramai ini tak satupun yang bisa ditanggapi secara fair. saya pengguna INDOSAT namun prihatin dengan kondisi yang semakin ke sini semakin buruk

  121. Ibnu

    #gantiSIM
    #buangindosat
    ?

  122. azog

    kalo mau pake indosat beli paket yellow yg semua kuota utama 5rb -3hari-1gb gak ada FUP , kalo pake paket yg 50 rb 10gb, pas pemakaian 5 gb speed turun jadi 10kb looool

  123. Dwi Setiawan

    nasib sama,, beli oredo kuota banyak untuk menghindari fup,, eh malah kena fup jg,,

    sudah ada solusi kah bang?

    1. Noviyanto

      Solusinya nunggu dari sumber permasalah itu sendiri, alias dari Indosatnya

      1. dwi

        ini untuk freedom combo ya?, kalo untuk freedom internet bagaimana bos?, apakah sama ada batasannya?

        1. Noviyanto

          Saya tidak tau gan, bisa dicoba nanti kalo sama bisa share disini. Soal kuota soalnya banyak FC

  124. Doni

    Seharusnya kartu im3 harus di musnahkan bikin rugi orang di dunia udah mahal mahal sinyal tetep ajah lemot gak ada peningkatan, pantas ajah bayarnya murah sinyal ajah jelek

    1. kang batagor

      Salah satu jawabannya adalah korupsi.

  125. dreannaoko

    inDOGsat emg sampah gan
    dah harga naik eh malah kualitas pelayanan makin buruk , sy sendiri sering kecolongan ,spt pulsa hilang ,paket tiba” abis padahal pemakaian biasa
    #otw balik plat merah:D

  126. Ebi katsu

    Indosat itu lucu, 100 meter dari rumah saya ada pembangunan tower BTS, BTS’nya udah jadi dari 2 bulan yg lalu, tapi sampai sekarang antena diatas BTSnya ga dipasang.. Sebelum ada BTS sinyal kenceng.. setelah dibangun sinyal malah kacau.. fix Indosat kayaknya ada masalah internal perusahaan

  127. Korban Penipuan Indosat

    “INDOSAT MENIPU RAKYAT”
    Awalnya saya pakai pakai unlimited YouTube per bulan dengan kouta tambahan 3GB. Di keterangannya kalo sudah fup kecepatannya streaming YouTube nya di batasi max 64kbps
    Dan ternyata kecepatan internet itu tidak bisa sama sekali streaming YouTube.
    Krn jengkel upgrade lah ke paket unlimited YouTube yg kouta bonusnya 7GB di keterangan nya kalo setelah fup kecepatannya di batasi jadi max 128kbps Oke lah saya habiskan streaming sampe fup tp Setelah sampai fup ternyata tetep gk bisa streaming juga. INTINYA INDOSAT MENIPU (harusnya minimal nonton 144p bisa deh baru disebut unlimited)

  128. nana

    pake XL xtra combo bang, mantap.. (bukanny mau endorse), baru pake im3 krn mau nyoba tp lsg nyesel… kacau smua kerjaan,

    1. Noviyanto

      Iya kak, sudah ganti juga, karena masih primary harus tetap dijaga juga nomer Indosatnya.

  129. Fathul

    baru upgrade sim indsat 3g>4g,

    stlah mmbaca info d blog ini, sy mmtuskan tdk jadi beli kuota.
    isi pulsa cmn bwt mmprpnjang kartu, krn sdh trdftar d bnyak layanan..

    dan stlh baca info d blog ini sy mulai kpikiran utk googling :
    “cara donasi pakai pulsa indosat”

    skian & trm kasih

    1. Noviyanto

      Wah ide bagus pak Fathul. Lebih baik gunakan layanan lain untuk internet

  130. Vannie

    Paraaahhhhh…. sudah lebih dari 1 mnggu ngg bsa pakai streaming pakai indosat pdhal menara indosat ngg smpai 4 km jauhnya

    1. Noviyanto

      Sedekat apapun menaranya, sistemnya yang pegang kecepatanya.

  131. Wowok Wirawangsa

    Saya pengguna freedoom internet 25gb/30 hari mengalami jaringan yg sangat lambat bahkan tidak wajar, padahal kuota utama masih ada, apa lgi pas mau momen taun baru yg notabene bakal banyak kegiatan akan sangat mengganggu. Lebih baik pindah provider aja klo soal internet

  132. Tsanshine

    Solusi pake vpn gan, tapi langsung nyedot kuota utama ?

  133. zameckis

    SUDAH MUAK DENGAN CS INDOSAT YG BALES CUMAN COPY PASTE
    SELALU TERIAK MASALAH SUDAH DI ATASI PERIHAL SINYAL TAPI KENYATAAN NOL BESAR ANJINK TAYIK BABI BANGSAT INDOSAT KAMPANK

    SAMPEIN TOLOL KELUHAN PELANGGAN, JANGAN LU DIEM” AJA JADI CS BABI GAJI LU HARAM KERJAAN JADI PEMBOHONG BESAR

  134. Jamie

    Just the Same , Percuma Pake Im3 itu, Leletnya ngabisin waktu, youtube Buffering , Download 100MB aja kaya Download 1Gb.
    Alasannya Kecepatan di batasi ,
    Provider ingin untung sendiri tanpa perhatikan Costumer.

  135. Kumai

    Dengan berat hati saya terpaksa ganti kartu indosat.ke kartu yang lain karna kecepatan internet nya sangat mengecewakan

  136. Anggito

    Saya juga mau share pengalaman gan. Saya pake paketan unlimited biasanya. Saya pake im3 sebenernya udh dari lama cuman karena hp sering ilang jadi yg skrg mau saya hitung dari awal mula pakai nomor skrg aja. Saya pake no im3 yg sekarang dari awal desember 2018. Saya biasanya beli paketan unlimited 7gb + youtube dan ig. Dari desember 2018 saya pakai paketan tersebut sampai September 2019. Itu masih normal normal saja. Trs november dan Desember saya ganti Smartfren karna cari yg agak murah dikit, tp saya ga suka karna pake Smartfren kl udh fup kecepatan internet cuma 30-40kbps. Sedangkan waktu saya pake im3 kalo fup udh lewat kecepatan internet masih 100an kbps. Makanya Januari 2020 saya balik lg ke im3 dengan beli paketan unlimited 10gb + youtube dan ig. Awalnya santai santai aja, tp pas tgl 9 kuota utama habis, unlimited YouTube dan IG saya ga bisa ke pake. Yaudah saya belikan kuota addon supaya kuota utama nambah. Saya belikan itu addon 25k dengan kuota utama 3gb. Saya pakai itu untuk youtuban. Eh taunya kuota utama yg kesedot sedangkan fup saya ga berkurang. Saya komplain terus dari tgl 10 sampai tgl 13. Saya komplain dari ke gerai sampai lewat aplikasi my im3. Al hasil ga ada perubahan, bahkan sampai saya telfon cs berkali kali di 185. Pas tgl 14 siang sekitar jam 2 siang. Eh paketan saya di perbarui dari Indosat, kuota utama pulih jadi 10gb lg. Yaudah saya seneng dong. Saya youtuban lg dengan santai. Eh ga taunya kuota utama lg yg kesedot. Ga cuman kuota utama sampai pulsa juga kesedot abis. Padahal di aplikasi my im3 ada tulisannya kl paketan unlimited juga ada pulsa safe. Lah ini kesedot abis. Rencana bsk saya mau ke gerai lg mau komplain lg soalnya ini blm sampai 1 bulan udah 150k duit saya habis untuk paketan ini. Padahal unlimited jumbo harganya 150k.

  137. Raharjo

    Mau curhat juga ah , btw saya sih cuma pakai paketan internet combo 25rb sebulan , dan ketika kuota utama saya habis nambahi 10rb , dapat kuota utama 1gb kuota malam 3gb, tapi pas lagi ngalong jam 01 pagi , lagi asik ig’an yang kepake kok kuota utamanya ya? Bajingan bener nih operator

  138. dede

    saya pemakai indosat dari 2003, di rumah sinyal parah dr 4G hrs ganti ke 3G dl br dpt sinyal itu pun cm 1 bar… udah komplen puluhan kali hasil zonk!!!!

    kalau kinerjanya gk bagus tutup aja provider indosat merugikan sekali.

  139. Ray

    Wkwkwkwkwk
    Rupanya gua gak sendirian
    Gua pame indosat cuma bisa nginver hpnya sie

    Hp dapet pulsa

    Tapi ya
    Pas gua pake paket fredom combo
    Pas pemakaian di atas 1.5 GB

    Kecepatan langsung turun

    Dari 4 mbp/s ke 64 kbp/s

    😂😂😂

    Umur kartu masih di bawah 181 hari sie
    Jadi gk bisa kirim pulsa ke kartu lainnya

  140. Madmore

    Indos*t memang bangs*t boss!
    Sama persis kayak pengalaman gua saat ini.
    Udah otak-atik APN ampe puluhan APN dari yg share di blog² google gua coba,nyatanya ZONK!!
    Ke GERAI INDOSAT suruh ganti kartulah,nunggu reset kuotalah n blablabla….. Yg gak ada penyelesainanya.

    1. Noviyanto

      Ya begitulah, solusi saat ini pakai paket yellow kalau tidak gunakan kartu yang lainya

  141. Zulfa

    Saya kira setelah bbrp lama ditinggal kualitasnya bakal naik,ternyata sama aja. Saya user telkomsel,dan kecewa sekali. Saya main game aja susah,ga stabil. Cuma bisa chat. Pdhal prioritas main game. Nyesel saya pilih indosat.

  142. Dyah

    Hmmm niatnya beli kuota unlimited+7 GB malah 7 GB nya masih banyak dan buat buka sosmed lemott, maunya hemat malah rugi,pengen ganti kartu tapi didaerah gue cm ad sinyal indosat yang lancar

  143. Yodi

    Saya nyesel pake indosat, paket data saya msh ada 4,7gb sdh tdk bisa buka gambar dan sangat lemot. saya chat WA lancar tp pas buka gambar dan ngirim gambar ngak jadi. Aneh

    1. Noviyanto

      Sudah saya berikan solusi ampunya didalam artikel Mas Yodi, bisa dicek kembali didalam artikel ini

  144. Tanti

    Samaaaaaa…
    Aq jg pke 1 no ini ajah..
    Sinyalnya bikin istighfar trs..
    Telp ga bisa, kirim dokumen ga bs, bwt laporan online jg ga bs..
    Kuota masih utuh.. Baru dftr paket unlimited 7 gb tp ga bisa dipake…. 😓😓😓😓😓😓😓

    1. Noviyanto

      sabar mba, kalau misal dual SIM bisa cobain kartu by.u totirlanya sudah saya buat bisa mbak Tanti baca.

  145. Dd alwy

    Padahal udah beli jaringan, ttp aja lemot, parah lagi hadeu😓😓😓

  146. Mita

    Baru ngerasain paketan yellow nyesel ampe ujung urat. Sisa pketan malem tetep aje lemot udh gw bela”in begadang

    1. Noviyanto

      Sepertinya memang kemarin sedang ada gangguan dari Indosat langsung

  147. Adeliaso

    Saya udh berhari2 bukak internet gak bisa2, mau gmn ini kuota sya masih bnyak tpi tidak bisa dipakai percuma sekali gblk

    1. Noviyanto

      Kasus sama dengan saya mas, bisa ganti kartu ke provider sebelah saja mas.

  148. Saya

    Udah seminggu ini im3 tiba tiba ngampas. Saya pake 2 nomor im3, satu pakai 7gb unlimited youtube + sosmed, satu lagi paket 20gb. Sebelumnya sih normal, kadang lemot tapi masih wajarlah, cuma seminggu ini dua duanya jadi gak guna, buat main game online gak jalan blas, kampret emang indosat

  149. Deni Ahau

    Kalau beli paketnya paket data yang murah emang gitu, karna Indosat dia juga jual paket speed booster… jadi kalau speed udah lemot, kita kayak dipaksa untuk beli speed booster harganya mulai Rp5rb untuk speed normal sekian GB…

    Kalau misal kamu content creator disarankan untuk membeli paket kuota 100 GB harga Rp150rb… biasanya paket ini adanya pas tanggal2 gajian setiap tanggal 20 an atau awal bulan atau hari2 libur besar, di aplikasi myIM3

    gw kemaren telat belinya, jadi cuma ada paket 50GB Rp100rb, alhasil speednya kayak dijatah gitu, setelah pemakaian 5GB speed turun drastis ke 60Kbps dan akan balik normal ke 3-5MBps keesokan harinya 1×24 jam.

    besoknya, setelah genap 24 jam, kalo dipake lagi 5GB, speednya turun lagi, dan harus nunggu besok harinya setelah genap 24 jam dari jam speednya diturunkan hari saat ini. Misal kita udah pake 5GB hari ini jam 12 siang yg otomatis speednya diturunin saat pemakaian saat itu juga, maka untuk speednya normal lagi, harus nunggu jam 12 siang keesokan harinya lagi.

    Beda banget sama paket Rp150rb 100GB, gw download Serial berpuluh episode total 30an GB dalam waktu kurang dari 30 menit. Dan gk ngalamin speed turun sampai kuota habis.

    Gara2 telat beli paket 100GB, malah paket yg sisa paket 50GB, sekali nyoba paket ini ternyata cuma 5GB doank full speed… padahal pas ditelpon CS nya bilang semua paket kuota gk ada FUP… malah disuruh bersihin cache di HP, gw bilang gw pake modem, dan dimarah2in dulu baru dibikinin laporan, sekarang masih proses, biar gk ada FUP lagi di kartu gw… Kesel emang, pas gw googling, ternyata bukan gw aja yg ngalamin paket kuota dikasih FUP… diberita 2018 gw baca bahkan direkturnya berkelit ada anomali pada sistem mereka untuk yang trafik datanya tinggi dalam pemakaian sekali pakai, di sistem mereka auto diturunin… Katanya dari 2018 udah dibenahi, tapi ini 2020 masih aja terulang sistem mereka membaca trafik tinggi dan auto turunin speed.

    1. Noviyanto

      Baru tau malah ada paket 100GB 150 ribu, efek udah gak lihat paketan Indosat. Nah, itu dia beli paket kuota tapi ada FUP itu sih konyol. Masa iya disamain unlimited. Tujuan beli kuota buat menghindari FUP dan kecepatan yang bakalan turun. Ya semoga sekarang lebih baik dengan adanya postingan dan ratusan komentar yang sudah ada.

      1. Deni Ahau

        Gw sebenernya pake by.U juga, cuma gk tau kenapa speednya yg gw rasakan cuma 500Kbps-1MBps dan pas download suka tiba2 stag aja gitu download- an nya gk jalan2… harus disconnect dulu, ya buyar udah kalo downloadnya file gede harus ulang lagi… padahal gw area dkt2 Central Park Jakarta Barat…
        Dan kurang puas aja buat gw yg hobby download dg speed segitu, selain juga paket2 mereka mahal2…

        gk cuma by.U kayaknya semua kartu telkomsel yg gw pake, kalo download di jaringan 4G suka ngadat download-annya sinyal 4G nya gk full disini, yang stabil itu jaringan 3G nya, cuma gk tau kenapa kalo pake jaringan 3G mereka itu sinyalnya suka pindah2, lompat dari 3G ke HSDPA atau 3.5G, karna gw sukanya ngelock 4G only atau 3G only, cuma itu dia pas kalo lagi 3G only sinyal suka lompat2 pindah, gimana coba kalo sinyal gk dilock pasti pindah2 ke 2G juga, ujungnya2 download suka gagal juga…

        Mungkin untuk bocil2 yg hobby sosmed doank itu gk akan terasa ya, cuma kalo buat para downloader, terasa bgt beratnya harus ulang2 download file gede, harus pinter2 nyari link download yang bisa diresume.

        Gk tau lah ya, gw justru lebih puas gitu download pake Indosat, speed normal 3-5MBps, kalo lagi ngebut bisa 15 MBps download berpuluh GB bentar bgt rasanya…

        Cuma lagi sial aja krn biasanya gw beli paket 100GB itu gk pernah ada masalah, krn lupa aja paket itu yg biasanya bisa dibeli di myIM3 pas tanggal 20 an pas gajian ternyata bulan agustus ini dimajuin adanya pas tanggal 17 agustus kemaren doank… Gini lah akhirnya, beli paketnya yg lbh murah ternyata ada FUP terselubung… selamat menikmati 60Kbps :)))))))))))))))))))))

  150. Riski

    Saya sih juga sama kayak kalian,komplain Ama Indosat.Tadi,Mimin itu katanya kecepatan nya cuma 30kb/s,lha gua aja 20 KB/s aja gak nyampe,dan kalo kuota abis itu gak ada notif.Dan sinyalnya itu,jangan ditanya lagi(bikin emosi doang)

  151. Jaditutor

    postingan ini pas banget dan sangat relate dengan kondisi indosat di daerahku. Awalnya saya pake im3 dari tahun 2018 jaringan masih lumayan ok… saya yakin betul mulai ada yg gk beres di sinyal ketika Kominfo gencar sms daftarkan perangkat untuk menangkal HP bm, momentumnya bertepatan pas pemilu 2019 pula. Gejala awalnya setiap pukul 01.30 tepat pasti signal 3G hilang berlangsung sampai pukul 06.00 baru normal kembali, kebetulan hp belom 4G, saya tengok hp sodaraku yg 4G masih ada lalu coba set ke 3G ternyata juga hilang. Komplain juga pengalaman sama persis di tulisan ini sampai sekarang, gk ada ngaruh. Anehnya indosat gencar spam sms promo sampai bikin hp mendadak hilang koneksi jaringan sejenak. Satu hal tentang indosat, bahwa perusahaan ini 100% bukan milik indonesia alias milik Qatar-Uni Emirates Arab.

  152. Syukurdi Hernanda

    Saya pengguna baru indosat. Awalnya tiap bulan bisa beli 2 kali paket freedom combo yang 70 ribu. Selama 3 bulan awal masih enak-enak aja. Gaming dan youtub lancar. Eh mulai agustus ini entah kenapa tiap paket utama freedom combo saya sisa 7 Gb speed internet mengalami penurunan parah. Whatsapp gak deliv, instagram loading, apalagi youtube. Kayak sama sekali gak ada paket internet lagi. Untung nemu blog ini jadi tau kalok freedom combo ada FUP nya. Saya rela spending uang lebih banyak buat beli paket yang tidak unlimited buat menghindari FUP karena saya sadar penggunaan internet saya banyak. Kalok freedom combo ada FUP nya ya apa bedanya sama paket unlimited?. Boleh ngomong kasar gak ni? Udah emosi kali soalnya liat indosat pantek.

    1. Noviyanto

      Nah itu, kenapa paket kuota ada FUPnya. Yang bikin produk waktu buat aturan kayak gitu lagi ada masalah apa sih. Udah gan, internetnya pakai kartu Byu Aja.

  153. Rafi

    SAMA GUA JUGA,SAYA NYESEL NGIKUTIN APN APN INDOSAT BUAT NGATASIN JARINGAN,SAYA PAKE TAPI TETAP SAJA MASI NGELAG,APA LAGI PAKET UNLIMITED,SAYA JADI RAGU UNLIMITED YANG DIGABUNGIN SAMA KUOTA INTERNET BISA BERPENGARUH, CONTOHNYA KETIKA MAIM GAME, WAKTU ITU UNLIMITEDNYA SUDAH MENTOK MERAH, PADAHAL UNLIMITED ITU CUMA BUAT APLIKASI BEBAS KUOTA SESUAI INFO PAKET,TAPI KO KELIHATANYA NGARUH,SAYA MAIN GAME KO JADI NGELAG SETELAH UNLIMITED BEBAS KUOTA SAYA HABIS,APA LAGI SAYA UNLIMITED BEBAS KUOTA HABIS KETIKA SAAR MAIN GAME,SEBELUMNYA GAMENYA LANCAR,TERUS PAS HABIS UNLIMITED BEBAS KUOTA,LAHH PINGNYA JADI NAIK

Tinggalkan Balasan