Noviyanto
March 19, 2022

GRATIS Konsultasi Produk Firewall Fortinet Harga, Kelebihan Dan Kekurangan

Posted on March 19, 2022  •  5 minutes  • 993 words

Mengenal lebih dalam firewall fortinet, dan mengapa produk ini mesti masuk list daftar belanjaan perusahaan anda.

Gratis Konsultasi dengan saya mengenai produk fortinet, Kontak dibawah.

Saya yakin sebagian pembaca artikel ini sudah mengetahui tentang produk kemanan siber satu ini.

Atau bahkan sudah mendalami dan memiliki sertifikasi untuk melakukan konfigurasi perangkat.

Disini saya tidak akan membahas teknis atau membahas cara konfigurasi fortinet. Saya akan membahas tentang apa itu fortinet dan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki firewall satu ini.

Fortinet sendiri dimiliki perusahan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Sunnvale, California

Fortinet sendiri berfokus mengembangkan dan menjual solusi keamanan komputer, seperti firewall, sistem pencegahan intrusi, perangkat lunak antivirus, dan komponen kemanan end-point.

Cara kerja fortinet bisa dilihat digambar dibawah ini :

Setiap traffic akan melalui firewall untuk dicek apakah data yang masuk ataupun keluar benar-benar aman untuk end-point.

Firewall fortigate juga berfungsi sebagai antivirus yang dimana dapat mendeteksi jika ada virus atau ransomeware yang masuk melalui.

Fokus utama dari sistem firewall yang ditawarkan oleh FortiGate adalah untuk menangkis serangan hacker berbasis Distributed Denial of Service Attacks (DDoS) secara real-time.

Jenis serangan ini dilakukan oleh beberapa sistem komputer yang menargetkan sebuah server, sistem ataupun jaringan .

Nantinya akan membuat traffic dalam sistem tersebut sangat tinggi hingga server tidak bisa menghandle permintaan dan perintah apapun.

Jika serangan tersebut terjadi pada sistem, server ataupun jaringan sebuah perusahaan, hal ini tentunya akan berdampak buruk pada keamanan database perusahaan.

Sebelum masuk ke harga, saya bahas dahulu mengenai kelebihan dari firewall fortinet.

FortiGate memiliki beberapa fitur yang menjadikannya sebagai salah satu sistem firewall terbaik yang dapat mengatasi serangan DDoS, sebagai berikut:

1. UTM ( Unified Threat Management )

UTM (Unified Threat Management) merupakan sistem dikhususkan untuk menangani masalah keamanan jaringan secara komprehensif.

Dalam program ini, FortiGate memiliki beberapa fitur seperti firewall, Intrusion Prevention System (IPS), web filtering, antivirus sekaligus routing dalam satu paket hardware yang sangat lengkap.

Disamping itu Fortigate juga dilengkapi dengan berbagai layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti:

2. FortiGate dilengkapi dengan FortiGuard

FortiGuard yaitu jasa support dalam menyediakan layanan beragam update yang berkelanjutan, untuk menjamin keamanan jaringan komputer.

Fasilitas ini mempunyai database jutaan situs yang kemudian dikategorikan dalam beberapa kelompok, dan diperlakukan secara berbeda.

Beberapa kategori situs yang diolah dalam FortiGuard antara lain general interest, business oriented, controversial, potentially non-productive, proxy avoidance, adult materials dan lain sebagainya.

Biasanya, staf yang bertugas di Unit Kendali Teknis memiliki wewenang penuh atas monitoring maupun pemblokiran situs-situs tersebut.

FortiGuard juga dapat dipergunakan untuk mengontrol pemakaian bandwidth internet, untuk mengatur pemakaian akses internet di luar keperluan kantor, atau disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dan terutama untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi penting kepada pihak-pihak yang tidak berkompeten.

3. Antarmuka administrasi

Aktivitas manajemen keamanan jaringan biasanya menuntut banyak interaksi dengan software dan hardware dari beberapa vendor yang berbeda.

Saking banyaknya perangkat yang dipakai, sering mengharuskan kita melakukan berbagai pembaruan terhadap masing-masing perangkat. Hal ini tentu saja akan sedikit ribet dan butuh waktu.

Kondisi ini tidak akan diperlukan jika perusahaan IT tersebut memakai FortiGate. Karena FortiGate sudah mencakup semua kontrol yang dibutuhkan.

FortiGate adalah perangkat yang menjamin keamanan jaringan secara menyeluruh, sekaligus sebagai gateaway, router, firewall, hub VPN, antivirus, antispam, anti spyware, traffic shapping, dan proxy.

Sebagai informasi, FortiGate dilengkapi dengan dua antarmuka administratif yang canggih, yakni:

4. Memiliki fitur virtual domain (VDOMs)

Virtual domain yang ditawarkan oleh Fortinet ini adalah salah satu fitur yang memberi akses menuju beragam perusahaan dengan administrator yang berbeda, namun tetap dengan unit fisik yang sama.

Tujuannya agar masing-masing dapat menjaga konfigurasi yang spesifik, tanpa memberikan dampak berlebihan antara satu dengan yang lain.

5. Memiliki tingkat ketahanan yang tinggi dan high availability

FortiGate sangat fleksibel, karena itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Untuk itu, ada 4 cara berbeda untuk membuat FortiGate ini high available, yakni dengan menggunakan desain cluster berikut ini:

6. Adanya fasilitas FortiASIC

Lewat fasilitas FortiASIC, Fortinet bisa mendeteksi dan meminimalisir secara real time, ancaman yang terintegrasi.

Tak hanya ancaman minor, Fortinet sanggup mengatasi ancaman dalam skala yang lebih kompleks tanpa menurunkan kinerja jaringan.

Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk meminimalisir ancaman dan gangguan pada perusahaan.

7. Fortinet menghemat beban operasional

Fortinet memungkinkan perusahaan untuk berhemat dengan menekan biaya operasional manajemen keamanan jaringan.

Hal ini dikarenakan serangkaian proses manajeman, analisa, basis data dan solusi perlindungan endpoint yang ditawarkan dipandang cukup efisien dan efektif. Benar-benar sebuah penawaran yang menarik ya.

Melindungi sistem server merupakan hal yang penting diperhatikan oleh pemiliknya, apalagi bagi anda yang mengelola banyak data diserver baik itu di Cloud Server maupun Data Center.

Harga Fortinet

Untuk harga firewall fortinet saya tidak dapat memberikan angka pasti, karena harga yang terus berubah setiap saat.

Kisaran harganya mulai dari 10jutaan sampai dengan milyaran rupiah .

Tergantung produk dan tipe yang mana yang akan dibutuhkan.

Untuk anda yang ingin konsultasi megenai produk Fortinet mana yang cocok dengan perusahaan anda dapat hubungi saya secara langsung, GRATIS KONSULTASI.

Hubungi saya via:

Menurut saya pribadi firewall ini wajib sekali ada di jaringan instansi atau perusahaan anda. Apalagi serang siber setiap tahu meningkat, bukan tidak mungkin server anda juga akan terkena serangan.

Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Pepatah yang mungkin cocok untuk tema keamanan siber kali ini.

teknologi firewall fortinet
Follow me

I work on everything coding and Blogging